Efektivitas Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an Di Desa Biluhu Timur Kecamatan Batudaa Pantai

  • Nurfadila Saleh universitas negeri gorontalo
  • Rusdin Djibu Universitas Negeri Gorontalo
  • Ummyssalam A.T.A Duludu Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Efektivitas, Pembelajaran, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran taman pendidikan Al-Qur’an di desa Biluhu timur. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pembelajaran Di TPQ Al-Muslim belum efektif, banyak hal yang dapat dilakukan dalam mengefektivitaskan pembelajaran taman pendidikan al-qur’an dan meningkatkan segala potensi yang dimiliki agar taman pendidikan al-qur’an bisah dioperasikan sebagimana mestinya maka dari itu pemerintah desa dan masyarakat desa Biluhu Timur haruslah bekerja sama dalam memberikan perhatian lebih terhadap  kondisi taman pendidikan al-qur’an yang sampai saat ini masih terbengkalai

References

Abdurahman An-Nahlawi 2004, tanggung jawab masyarakat terhadap pendidikan. Jakarta Gema Insani

Adhim, S A. (2012) Nikmatnya membaca Al-Qur’an: manfaat dan cara menghayati bacaan Al-Qur’an sepeh hati

BurhanudinTamyiz, Akhlak Pesantren Pandangan KH. Hasyim Asy‟ari, Yogyakarta: ITTAQA Press, 2001

Chairani Idris Dan Tasyrifin Karim, Buku Pedoman Pembinaan Dan Pengembangan TK Al-Qur’an Badan Komunikasi Pemuda Mesjid Indonesiaa (BKPMI). Lembaga Pembinaan Dan Pengembangan TK Al-Qur’an. Jakarta 2000

Rosihon Anwar, Ulum Al-Quran, (Pustaka Setia: Bandung, 2007), Al-Qu'an

GunarsaNy. Y. Singgih D, Psikologi Remaja,Jakarta: BPK Gunung Agung, 2006

Rini Sudarmanti (2005:21), Metode Penelitian Sosial. Jakarta, Kencana Prenda Group

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Bab II Pasal 3Dalam Al Qur. Yogyakarta: Deepbublish.
Published
2022-02-28
Section
Articles