Deskripsi Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Pasca Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak usia 5-6 tahun pasca pandemi covid-19 di TK Camar 1 desa Olimoo'o Kecamatan batudaa pantai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang membahas tentang peran orang tua dalam menumbuhkan minat anak, bagaimana menciptakan minat belajar anak dan memotivasi belajar anak. Subjek penelitian ini adalah 11 orang tua anak di TK Camar 1 desa Olimoo'o Kecamatan Batudaa pantai Kabupaten Gorontalo. Objek penelitian ini adalah orang tua, anak dan guru. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data yang dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak terlihat baik dan secara umum peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak sudah dilakukan oleh orang tua anak, akan tetapi ada juga orang tua yang belum melakukan perannya .
References
Djamarah, S.(2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta Rineksa cipta.
Duncan ,L. G. (2009). A mode of mindful parenting implications for parent-child realitionships and preveention research.
Dewantara, K. (2009). Menuku manusia merdeka. Yogyakarta.: leutika
Emmy, R. (2008). Menjadi orang tua cerdas tips mendampingi anak belajar. Penerbit Ksnisius, Hlm ;37.
Gusmaniarti, S. S. W. (2009). Analisis peerilaku home service orang tua terhadap perkembangan kemandirian dan tanggung jawab anak.
Hayati, N. (2011). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: UNY
Purwanto, M. N. (2009). Ilmu Pendidkan Teoritis Dan Praktis, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Hlm : 80
Rahmadani, A. I. ( 2020 ) . Dampak COVID-19 Terhadap Cara Berpikir Dalam Pembelajaran Daring : Studi Kasus Di Yoyakarta Edification jurnal
Rotgans, S. (2011). Situational interest and accademicachievement in the active-learning classroom.
Slameto. (2010).Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Susanto, A. (2017) .Pendidikan anak usia dini ( konsep dan teori ) Jakarta : Bumi aksara
Yulianingsi, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. ( 2020 ). Keterlibatan orang tua dalam pendampingan belajar anak selama pandemic covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan anak Usia dini, 5(3)
Jhonson , L. (2004). Keperawan keluaraga. Yogyakarta : Nuha Medik
Zakia. (2012). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara. Hlm : 35
Copyright (c) 2025 Fatmawati Djibu, Yakob Napu, Icam Sutisna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.