Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini

  • Sitti Nurul Afiah Koemaji Katili Universitas Negeri Gorontalo
  • Sri Wahyuningsi Laiya
  • Yenti Juniarti

Abstract

This research aims to describe how the character of love for one's country is formed through Strengthening Character Education activities at the Raudhatul Athfal AL-MOURKY School. The type of research used is a qualitative method with a descriptive approach. In this case, the main data are teachers and parents. The education of the character of love for the country in children is very good, many children listen to the advice given by teachers and are able to develop the character of love for the country within themselves. Based on research conducted at RA AL-MOURKY, Telaga District, Gorontalo Regency, the education of the character of love for the country in children is very good, many children listen to the advice given by teachers and are able to develop the character of love for the country in themselves. Teachers also build a harmonious atmosphere with children so that each child is united with each other, so that children do not develop feelings of discriminating against their friends. 

References

Ainissyifa, Hilda. 2012 :Jurnal Pendidikan Uniga, Pendidikan Karakter DalamPerspektif Pendidikan Islam,Vol 8 No1 2012.

Akbar, Wawan. 2012: Journal Educational Research And Social Studies, NilaiKarakter Dalam PenerapanTradisi Pantun Kebudayaan Suku Melayu Deli Dusun 17 Desa Bandar Khalifah; 2012.

Alawiyyah, Anisa dan Siti Apsoh. 2019. Penanaman Nilai-Nilai KarakterTerintegrasi Self – Confidence pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Vol. 11, No. 2.

Ali, Aisyah M. 2018. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.

Andriana, 2017: Pengembangan Multimedia PembelajaranIpaBerbasisKearifan Lokal DiSekolah Dasar. Jurnal Pendidikan sekolahdasar 3(2) : 184

Andriani, Tuti. 2012. PermainanTradisional Dalam MembentukKarakter AnakUsia Dini. Jurnal Sosial Budaya. Vol. 9, No. 1.

Anna Wahyuni Arifin. 2019. Peran Guru terhadap Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Vol. 1. No. 2 Juli 2019. Jambura Early Childhood Education Journal.

Atika, Nur Tri, dkk. 2019. PelaksanaanPenguatan Pendidikan KarakterMembentukKarakter Cinta Tanah Air. Jurnal Mimbar Ilmu. Vol. 24 No. 1.

Boarding School; Vol 7 No 2 , 2013.

Darmiyati, Zuhdi. 2011. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY Pres Depdiknas.(2003).

DirektoratPembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. 2012. Pedoman PendidikanKarakter pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, Dan Informal, Kementerian Pendidikan Nasional.

Farida, Niken, dkk. (2022). Menanamkan Karakter Cinta Tanah Air Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Mendongeng. Jurnal Abdimas Mutiara. Vol. 3,No. 1.

Herlinda, dkk (2019) pengembangan media pembelajarantematikulartangga. berbagaipekerjaan. Ejournal undiksha 7(3), 256

Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Kompetensi Pedagogik Dan Supervisi Kepala Sekolah Dalam Motivasi Kerja Guru; Vol 2, No 1, 2019.

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Pengembangan media gambar berupa buku saku Fisika SMP pokok bahasan suhu dan kalor.Vol 2, No 1,2018

Karim.A, 2018, EfektivitasPenggunaan Metode Mind Map Pada Pelatihan

Kewarganegaraan, PelaksanaanKegiatanEkstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di Sma Korpri Banjarmasin; vol 6 No 11,2016.

Lia Ricka Pratama. 2022. Manajemen Pendidikan KarakterPAUD. Vol. No. 2. Jambura Early Childhood Education Journal

Mukarramah Mustari, Y. S. 2017, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni :

Mustakin, Bagus. 2011. Pendidikan Karakter Emas: Membangun Delapan Karakter. Yokyakarta: Samudra Biru.

Novan Ardy Wijayani, M.Pd.I, 2016,Konsep Dasar Paud, Penerbit. Gava Media

Nurhaliza, A., & Fauziah, S. P. 2016, Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air

Pada Pendidikan Anak Usia Dini MelaluiPembuatan Dan Pementasan Wayang Kertas. Penerbot Educivilia.

PengembanganPenguasaan Materi Pembelajaran, Penerbit IJTIMAIYA.

Rista Dwi permata& Risma Nugrahani. 2020. Implementasi Kemampuan Berpikir Simbolik Melalui Penggunaan Media Flannel Board Pada Anak Usia 5-6 Tahun.

Sari, Pipi Suhadmida; Budio, Sesra; Fadlan, Amul Husni. 2019, Jurnal Menata :Tatalović Vorkapić, Sanja, Sanja SkočićMihić, and Martina Josipović.2018 ( dalam Sriwahyuningsi Laiyadkk. 2023 :Jambura Early Childhood Education Journal,Pengaruh Media Audio Instruction terhadap Kemampuan Sikap Disiplin pada Anak ; vol 5 No 2,2023 Halaman (219-233)

Sari, S. D. (2017). Cinta tanah air dan Salafus Shalih. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III P-ISSN, 2598, 5973.

Yanti, Noor, Rabiatul Adawiah, And Harpani Matnuh,2016 : JurnalPendidikan

Published
2024-09-27
How to Cite
Katili, S. N. A. K., Sri Wahyuningsi Laiya, & Yenti Juniarti. (2024). Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini. Student Journal of Early Childhood Education, 4(2), 134-149. https://doi.org/10.37411/sjece.v4i2.3203

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>