Pengaruh Media Audio Instruction terhadap Kemampuan Sikap Disiplin pada Anak
Abstract
Tujuan penelitian ini artinya buat mengetahui adanya dampak media audio instrucsion terhadap perilaku disiplin pada anak kelompok B pada TK Negeri Pembina Botumoito. Metode pada penelitian ini memakai kuantitatif eksperimen pre-experimental (one-class pre test-post test disaing). Adapun hasil penelitian dengan jumlah sampel 20 anak menunjukan adanya perubahan yang signifikan dilihat dari data pretest dengan memperoleh nilai rata-rata 20,27 serta baku deviasi 3,827. Sedangkan pada hasil pada post-test memperoleh nilai rata-rata 31,00 dan baku deviasi tiga,853 hasil tadi pertanda bahwa ada pengaruh sugnifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. berdasarkan hasil test statistics, diketahui sig-n (dua tailed) bernilai 0,000. oleh karena itu 0,000 ≤ 0,05 maka hipotesis diterima. dengan demikian, hipotesis penelitian menyatakan bahwa ada pengaruh media audio instructon terhadap sikap disiplin pada anak di TK Negeri Pembina Botumoito.
References
Andrews. 2016. Konsep Dasar Visualisasi. https://ejournalJournal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Anggraini, E. 2020. Upaya guru dalam menanamkan disiplin anak di paud terpadu aisyiyah bustanul athfal ii palangka raya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).
Dachi, M. R. 2020. Pentingnya Pengawasan Orangtua dalam Optimalisasi Kedisiplinan Remaja. Ginosko: Jurnal Teologi Praktika, 1(2), 84–97. https://ejournal.sttgalileaindonesia.ac.id/index.php/ginosko/article/view/10 Dengan, P., Protokol, M., & Covid-, U. M. 2022. PERAN SELF-AWARENESS DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN. 3, 56–65.
Diniyah, S. H. S. 2020. Implementasi Sistem Student Notes Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Mts al Adzkar Boarding School Pamulang.
Dewi, D. K. 2023. Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Perilaku Sosial Anak Usia 5–6 Tahun. https://ejournalJambura Early Childhood Education Journal, 5(1), 105-117.
Harahap, P. H. K. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Dalam Mengembangkan Minat Belajar Siswa Di Sekolah. Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(2).
Ii, B. A. B., & Pembelajaran, M. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pokok Bahasan Aljabar. 30–31.
Kamtini, & Saragih, B. T. 2017 Pengaruh media audio visual terhadap kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di paud Bharlind School Medan Tahun ajaran 2016/2017. Bunga Rampai Usia Emas, 3(1), 1–12.
Sugiyono.2018.Metode Penelitian Pendidikan, Dan R&D, Alfabeta Kota Bandung .
Sugiono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA CV.
Copyright (c) 2023 Pitria Lestari Roy Saputra, Sri Wahyuningsi Laiya, Apriyanto A.J Pauweni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






