Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini

  • Susan Nurhayati Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Tasikmalaya
  • Syarief Hasani Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
  • Dahati Risnawati Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
Keywords: Keteladanan, guru, Nilai Agama dan Moral

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini di RA Babussalam Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang berupaya untuk mengungkapkan keadaan/kondisi yang terjadi saat sekarang dengan mempertimbangkan keadaan masa lampau melalui pengolahan angka-angka yang diperoleh dari penelitian. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa keteladanan guru di RA Babussalam Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya tergolong baik ( = 26,92 berada pada skala penafsiran 26,73 – 28,64 dengan klasifikasi baik). Sedangkan perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini di RA Babussalam Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya tergolong cukup baik ( = 26,1 berada pada skala penafsiran 25,36 – 28,04 dengan klasifikasi cukup baik). Pengaruh keteladanan guru terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini di RA Babussalam Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan dengan kategori cukup , terbukti rs = 0,555, berada pada skala Gullford 0,40 – 0,60 serta  (3,046),  (2,045). Keteladanan guru menentukan perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini sebesar 30,8%, sedangkan sisanya 69,2% diduga ditentukan oleh faktor lain yaitu pembiasaan dan lingkungan.

References

Amini, M., & Aisyah, S. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1-43.

Ardiyansyah, Andri, dkk. (2015). Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Tasikmalaya: IAILM

Burhanuddin, Afid. (2013). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian. Diakses pada 12 Desember 2020.

Hayati, Rina. (2019). Pengertian Teknik Sampling, Jenis, Dan Contohnya. Diakses pada 12 Desember 2020.

Huddin Mn, Akhiya. (2017). Keteladanan Guru dalam Proses pendidikan di Kelas IV SD Negeri No. 28/I Malapari Muara Bulian. Keteladanan Guru Dalam Proses Pendidikan Di Kelas Iv Sd Negeri No. 28/I Malapari Muara Bulian, 2017.

Karso, K. (2019, February). Keteladanan Guru Dalam Proses Pendidikan Di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI PALEMBANG (Vol. 12, No. 01).

Kurniasih, N. (2018). Penerapan nilai agama dan moral melalui pembelajaran kognitif: Penelitian di RA Persis 39 Cibitung Jamanis Dan TKIT Fathurrobbany Ciawi Tasikmalaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Kurniawan, Aris. (2021). Pengertian Guru. https://www.gurupendidikan.co.id/guru- adalah/. Diakses pada 27 Februari 2021.

Makplus, Om. (2015). Definisi dan Pengertian Perilaku Menurut Para Ahli.

http://www.definisi-pengertian.com/2015/07/definisi-pengertian-perilaku-menurut-ahli.html. Diakses pada 27 Februari 2021.

M. Dewi. (2020). Implementasi Metode Keteladanan Dalam Pembelajaran Nilai-Nilai Moral Agama Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Salsabila Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Ma’mun, Kholid. (2020). Guru Digugu Dan Ditiru : Peran Literasi Pengetahuan. Diakses pada 06 Maret 2021.

Muhson, A. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nabela, U. (2020). Peran Guru Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Salsabila Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Prinada, Yuda. (2021). "Apa Itu Agama Menurut Para Ahli: Sejarah, Macam, & Perkembangan", https://tirto.id/apa-itu-agama-menurut-para-ahli-sejarah-macam-perkembangan-gaHK. Diakses pada tanggal 22 Juni 2021

Rachmatul.(2013).”Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif”.Https://Rachmatul4212.Wordpress.Com/2013/01/28/Teknik Pengumpulan-Data-Dalam-Penelitian-Kuantitatif-Dan-Kualitatif/. Diakses Pada 11 Desember 2020.

Sakwin, D.L., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3 (2), 77-85.

Salahudin, Anas, Alkrienciehie, Irwanto. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung: Pustaka Setia Bandung

Sapoetra, Jimmy. (2017). Komptensi Pedagogik. https:Pgsd.Binus.Ac.Id/2017/12/31/Kompetensi-Pedagogik/.Diakses Pada Tanggal 22 Juni 2021

Setya, I. D. (2006). Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Perilaku Keagamaan Anak Dini Usia (Studi Kasus Pada Siswa-Siswi Tkit Permata Bunda Bawen Tahun 2005/2006) (Doctoral Dissertation, Iain Salatiga).

Suhayat, A., & Buhori, D. S. (2018). Konsep Teladan Guru Membentuk Akhlaq Siswa Menurut Imam Ghozali Dalam Kitab Ihya ‘Ulumuddin. Prosiding Bimbingan Konseling, 14-24.

Suherin, L. (2020). Penanaman Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Melalui Metode Storytelling Di Raudlatul Athfal Al Fajar Tugu Rejotangan.

Suyanto, Asep, J. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta:Esensi Erlangga Grup

Syafdinawaty, (2020). Apa Itu Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian.https://raharja.ac.id/2020/11/04/apa-itu-populasi-dan-sampel-dalam-penelitian. Diakses pada tanggal 22 Juni 2021

Published
2022-02-28