Implementasi Teori Desain Interior?
Abstract
Untuk menunjang sebuah keberhasilan pada perkembangan anak dalam belajar, dapat dipengaruhi oleh lingkungan fisik yaitu berupa penerapan desain interior yang ada pada lembaga pendidikan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menelaah Bagaimana bentuk dan peran penerapan desain interior yang ada di Ra Miftahul Hasanah, Sedang Rejo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, di mana peneliti menggambarkan hasil yang didapat menggunakan narasi yang ditulis berdasarkan hasil wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teori desain interior dilaksanakan dengan cukup baik walaupun masih terdapat kekurangan dikarenakan keterbatasan keadaan, secara tidak langsung desain interior yang ada dapat mempengaruhi kualitas belajar. Penerapan desain interior dapat membantu peserta didik dan pendidik dalam menciptakan pembelajaran yang baik dan nyaman.
References
Amelia, V. (2019). Kreatif Mengolah Dinding Dari Eksplorasi Bentuk Hingga Warna. PT. Huta Parhapuran.
Cindy Wijaya, D. (2015). Perancangan Portable Folding Furniture untuk Interior Apartemen Tipe Studio. JURNAL INTRA, 3(2), 9–17. https://media.neliti.com/media/publications/99241-ID-perancangan-portable-folding-furniture-u.pdf
Depdiknas. (2004). Standar Kompetensi Taman Kanak-kanak dan Raudatul Athfal. Depdiknas1.
Florentina, Melani dan Sriti, M. S. (2015). Penerapan Standar Fasilitas Ruang Belajar Pada Taman Kanak-Kanak Katolik Santa Clara Surabaya. JURNAL INTRA, 3(2), 452–458. https://media.neliti.com/media/publications/93903-ID-penerapan-standar-fasilitas-ruang-belaja.pdf
Lie, A. (2002). Cooperative Learning, Memperaktikkan Cooperative Learning di Ruang- Ruang Kelas. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Pustaka Pelajar.
Marina Umaschi Bers, D. (2018). The design of early childhood makerspaces to support positive technological development: Two case studies.
Medha, B. (2017). Prinsip Pengendalian Perancangan Taman Bermain Anak di Ruang Publik. Jurnal Lanskip, 3(1). https://journal.ipb.ac.id/index.php/jli/article/view/5739
Peter Barrett, D. (2017). The Holistic Impact of Classroom Spaces on Learning in Specific Subjects Environment and Behavior. 49(4), 425–451.
Prama, W. G. dan S. (2011). No TitleAkses Pintu Menggunakan Kartu Lobang Terintegrasi Berbasis Mikrokontroler AT89C51. Jurnal Media Infotama, 7(2), 155.
Reny, K. S. (2018). Pengaruh Material Bangunan Terhadap Kekuatan Lantai Kamar Mandi Pada Rumah Tinggal. Jurnal Arsir Universitas Muhammadiyah Palembang, 2(2), 94.
Seftianingsih, D. K. (n.d.). THE IMPLEMENTATION OF CHILD-FRIENDLY INTERIOR DESIGN CONCEPT IN MUTIARA BUNDA KINDERGARTEN IN CONDONGCATUR ,. 154.
Sudarmadji. (2014). ANALISA SISI POSITIF DAN NEGATIF PEMILIHAN BENTUK ATAP BERPENUTUP GENTENG UNTUK RUMAH TINGGAL. 10(1), 45. https://media.neliti.com/media/publications/159580-ID-analisa-sisi-positif-dan-negatif-
Suharsimi, A. (2008). Manajemen Pendidikan. Adytia Media.
Suyeon Bae. (2019). Theoretical Frameworks in Interior Design Literature between 2006 and 2016 and the Implication for Evidence-Based Design. Journal in Design. 10.1080/14606925.2019.1625177
Tio Sandra Gunawan, dkk. P. V. 5 N. 2 2017 h. 3. (2017). Penerapan Material Bekas Pada Mebel Anak Usia Dini di Surabaya. Jurnal Intra, 5(2), 3. http://eprints.polsri.ac.id/297/3/BAB II.pdf
Yose, R. (2020). Optimasi Daylight Faktor Berbasis Posisi jendela Menggunakan Estetika Asimetris. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 7(3), 636. http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.2020733160
Copyright (c) 2022 Armanila, Nanda Syahputri, Nadya Octa Nanda, Khoirunisa, Sevana Arti Anang Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
							
							





