Analisis Kesiapan Lembaga Taman Kanak-Kanak dalam Menghadapi Akreditasi
Abstract
Akreditasi menjadi acuan kualitas lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan lembaga TK Muslimat NU Al-Hikmah Sukodono di Kabupaten Lumajang dalam menghadapi akreditasi. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan analisis interaktif miles Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Kesimpulan penelitian, diketahui bahwa lembaga TK Muslimat NU Al-Hikmah Sukodono di Kabupaten Lumajang belum memiliki status akreditasi. Hal tersebut dikarenakan adanya beberapa hambatan pada saat proses pengajuan permohonan akreditasi sekolah kepada BAN PAUD. Analisis Kesiapan TK Muslimat NU Al-Hikmah Sukodono pada instrument EDS-PA dalam mengikuti akreditasi pada tahun 2022 sebesar 72,5%. Standar areditasi yang belum memenuhi ditemukan pada standar proses, standar sarana prasarana dan standar pengelolaan.
References
Arikunto, Suharsimi. Peniliaian Program Pendidikan. Jakarta: PT Bina Aksara. 1998
Oktaria, Renti, Lukman Hamid, Yuningsih & Suparti. 2019. “Evaluasi Hasil Akreditasi Lembaga PAUD Se-Kota Depok.” Journal of Early Childhood Education 1 (2): 17-28. http://dx.doi.org/10.15408/jece.v1i2.13761
KBBI. 2016. “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).” (Oktober 2021)
BAN PAUD PNF. 2019. “Kebijakan Dan Mekanisme Akreditasi PAUD dan PNF tahun 2019.” (September 2021)
Kurniawan, Nurhafit. 2017. “Pengaruh Standart Sarana dan Prasarana terhadap Efektifitas Pembelajaran di TK Al-Firdaus.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia dini 2 (2). 14-26
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005. Standar Nasional Pendidikan. 16 Mei 2005. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41. Jakarta.
Sakerani. 2021. “Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru dengan Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak Di Kota Banjarmasin.” Jurnal Manajemen Pendidikan 10 (2): 203-224. https://doi.org/10.26877/jmp.v10i2.9434
Sarosa, Samiaji. Pengantar Analisis Data Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: PT Kanisius. 2021.
Undang-undang No 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Jakarta.
Wigati, Mukti, Novan Ardy Wiyani. 2020. “Kreativitas Guru dalam Membuat Alat Permainan Edukatif dari Barang Bekas.” Aṣ-ṣibyān Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4 (1).43-56. http://dx.doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i1.2700
Yadnya, I Gusti A O. Kiat Sukses Menyiapkan Akreditasi Sekolah. Guepedia. 2020.
Yuliantina, Irma. 2020. Pentingnya Akreditasi Satuan PAUD. https://banpaudpnf. kemdikbud.go.id/berita/pentingnya-akreditasi-satuan-paud. (September 2021)
Copyright (c) 2022 Reski Yulina Widiastuti, Baylisa Putri Sudariyatna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
							
							





