Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Engklek Portable
Abstract
Kemampuan fisik motorik merupakan salah kemampuan yang harus dimiliki oleh anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana media engklek portable dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TKIT Bunga Bangsa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian adalah Media engklek portable dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar anak. Hasil penilaian pra tindakan nilai rata-rata 38,46%. Pada siklus I, meningkat sebesar 53,84%, Pada siklus II, tingkat pencapaian perkembangan keberhasilan yang dicapai di atas 75% yaitu sebesar 84,61%. Dengan demikian berdasarkan analisis yang dilakukan terjadi peningkatan ketuntasan belajar baik secara individual maupun klasikal antara pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Proses perkembangan meningkat dilihat dari peningkatan presentase skor penilaian dalam instrumen dari pra tindakan, siklus I dan siklus II, yaitu dari 38,46% pada pra tindakan, 53,84% pada siklus I, 84,61% pada siklus II.
References
Ananda Febyza Ika Putri, 2019. Pengembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Melempar Dan Menangkap Bola Di Taman Kanak-Kanak Para Bintang Kecamatan Kota Baru Jambi . skripsi. Jambi
Badru Zaman, dkk. 2009. Media dan sumber belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Elis Ratnawulan, A Rusdinan. 2014. Evaluasi pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia Bandung
Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta. CV. Pustaka Ilmu
IGKAK Wardani, Kuswaya Wihardit, 2011. Penelitia Tindakan Kelas. Jakarta. UniversitasTerbuka.
Kemampuan matematika Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Eksperimen Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal kecamatan Kaliwungu). Skripsi. Semarang.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan , 2015. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan
Luluk Asmawati, dkk. 2011. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universita Terbuka.
Meidesta. 2012. Engklek, Lompatan Dan Ruang Gerak Bebas Yang Terbatas. Geometryarchitecture. wordpress.com.
Mu`Alimin. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Praktik. Ganding Pustaka.
Oktari Wulan Maghfiroh. 2016. Efektivitas Permainan Tongkat Laci Portable Untuk Meningkatkan
Ratnawati Muniningrum, Rudy Budiman. 2016. Modul Guru Pembelajar taman kanak-kanak kelompok kompetensi H. Bandung
Republik Indonesia Nomor 146. Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
Rudy Sumiharsono, Hisbiyatul Hasanah. 2017. Media Pembelajaran. Jawa Timur: CV Pustaka Abadi.
Copyright (c) 2022 Amalia Uswatun Hasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






