Learning Loss dalam Pembelajaran Anak Usia Dini berbasis Blended Learning
Abstract
Proses tumbuh dan kembang anak harus distumlasi secara optimal melalui pembelajaran, media, dan sarana prasarana yang baik. Pandemi covid belum usai lembaga PAUD dan sekolah dalam hal ini melaksanakan pembejaran secara daring. Pembelajaran secara daring adalah kegiatan belajar menggunkan akses internet dan perangkat elektronik. Tantangan utama bagi guru dalam pembelajaran online adalah soal lemahnya penguasaan teknologi, sementara itu penghambat proses belajar laiannya adalah kurangnya pendampingan orangtua dalam belajar. Tantangan tersebut diatas membuka kran bagi munculnya learning loss atau kehilangan pengalaman edukasi pada anak. upaya mencegah learning loss dalam hal tentu membutuhkan sebuah model pembelajaran yang dapat menggabungkan antara pembelajaran tatap muka dan online yang dikemas khusus untuk anak dini agar tetap menyenangkan dan mengembangkan minat anak. Model yang dikembangkan dalam hal ini adalah pembelajaran anak usia dini berbasis blended learning, yaitu pembelajaran yang mengabungkan antara tatap muka dan online. Kelebihan dari model blended learning yaitu membantu guru untuk tetap menjalankan aktivitas pembelajaran untuk tersampaikan dengan baik dimana guru dapat memilah antara pembelajaran yang layak secara online dan secara tatap muka sehingga dalam hal ini tetap menyenangkan bagi anak.
References
Massa Ppandemi Corona. Prosiding, Vol 1. 43-52
Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2). https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950
Bouilheres, F., Le, L. T. V. H., McDonald, S., Nkhoma, C., & Jandug-Montera, L. (2020). Defining student learning experience through blended learning. Education and Information Technologies, 25(4). https://doi.org/10.1007/s10639-020-10100-y
Firman, F., Puspita Sari, A., & Firdaus, F. (2021). Aktivitas Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Berbasis Konferensi Video: Refleksi Pembelajaran Menggunakan Zoom dan Google Meet. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 03(2)
Gencer, A.A., & Avci, N. (2017). The Treasure in Nature! Loose Parts Theory. Current Trends in Educational Sciences, 9.
Ata Akturk, A., Demircan, H. Ozlen, Senyurt, E., & Cetin, M. (2017). Turkish early childhood education curriculum from the perspective of STEM Education: A document analysis. Journal if Turkish Science Education, 14(4), 16-34. https://doi.org/10.12973/tused.10210a
Gibson, J., L., Cornell, M., & Gill, T. (2017). A Systematic Review of Research into the Impact of Loose Parts Play on Children’s Cognitive, Social, and Emotional Development. School mental health, 9(4), 295-309.
Gull, C., Bogunovich, J., Goldstein, S. L, & Rosengarten, T. (2019). Definitions of loose parts in early childhood outdoor classrooms a scoping review. The International Journal of Early Childhood Environmental Education, 6 (3), p. 37.
Dziuban, C., Graham, C. R., Moskal, P. D., Norberg, A., & Sicilia, N. (2018). Blended learning: the new normal and emerging technologies. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(1). https://doi.org/10.1186/s41239-017-0087-5
Kavaliauskienė, G. (2011). Blended learning in ESP listening. English for Specific Purposes World, 10(31).
Kashyap, A. M., Sailaja, S. V., Srinivas, K. V. R., & Raju, S. S. (2021). Challenges in online teaching amidst covid crisis: Impact on engineering educators of different levels. Journal of Engineering Education Transformations, 34(Special Issue). https://doi.org/10.16920/jeet/2021/v34i0/157103
Kiewra, C., & Vaselack, E. (2016). Playing with nature: supporting preschoolers creativity in natural outdoor classrooms. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 41 (1), 70-95.
Kumar, A., Krishnamurthi, R., Bhatia, S., Kaushik, K., Ahuja, N. J., Nayyar, A., & Masud, M. (2021). Blended Learning Tools and Practices: A Comprehensive Analysis. IEEE Access, 9. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2021.3085844
Lin, Y. W., Tseng, C. L., & Chiang, P. J. (2017). The effect of blended learning in mathematics course. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(3). https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00641a
Long, N. T., & Van Hanh, N. (2020). A structural equation model of blended learning culture in the classroom. International Journal of Higher Education, 9(4). https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n4p99
Ndeot, F, & Jaya, P., R..P. (2021) Descholing dan Learning Loss Pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid 19. Pernik Jurnal PAUD, Vol 4, 18-28.
Nugraheni, A. D. (2019). Penguatan Pendidikan bagi Generasi Alfa melalui Pembelajaran STEAM Berbasis Loose Parts pada PAUD. Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 2019, 512-518.
Nurhadi, N. (2020). Blended Learning dan Aplikaisnya pada Era New Normal Pandemik Covid 19. Jurnal Agriekstensi, Vol 121-128.
Puspitorini, F. (2020). Strategi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1). https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.274
Richey, Rita C, and James D. Klein. (2007). Desaign and Development Research: Methods, Strategies, and Issues. New Jersey: LEA.
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2). https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638
Shamsuddin, N., & Kaur, J. (2020). Students’ learning style and its effect on blended learning, does it matter? International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(1). https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20422
Suartama, I. K., Setyosari, P., Sulthoni, & Ulfa, S. (2019). Development of an instructional design model for mobile blended learning in higher education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(16). https://doi.org/10.3991/ijet.v14i16.10633
Vallee, A., Blacher, J., Cariou, A., & Sorbets, E. (2020). Blended learning compared to traditional learning in medical education: Systematic review and meta-analysis. In Journal of Medical Internet Research (Vol. 22, Issue 8). https://doi.org/10.2196/16504
Widiastuti, E., Tegeh, M., Ujianti, PR. (2018). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Anak Kelompok B di TK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, vol 6 (2), 241-250
Copyright (c) 2023 Fitriana, Fahrul, Rajib

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






