Pengembangan Media VISMO terhadap Kemampuan Menyimak pada Anak Pra Sekolah
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran VISMO dan untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Research and Development). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan instrument penelitian. Hasil Penelitian pengembangan media pembelajaran VISMO berdasarkan validasi ahli media memperoleh persentase kelayakan sebesar 90,5% dengan interprestasi sangat layak, validasi ahli materi memperoleh persentase kelayakan sebesar 96% dengan interprestasi sangat layak dan validasi praktisi pembelajaran/Guru memperoleh persentase kelayakan sebesar 96% dengan interprestasi sangat layak. jika diakumulasi hasil validasi ahli media, ahli materi, dan praktisi pembelajaran maka media yang dikembangkan memperoleh persentase kelayakan rata-rata 94% dengan interprestasi sangat layak. Dari hasil tersebut maka dapat dikatakan pengembangan media pembelajaran VISMO sangat layak untuk digunakan pada proses pembelajaran dan dipercaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Annissa, A., & Wikarya, Y. (2022). Penggunaan Media Canva Untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pustaka Data (Pusat Akses Kajian Database, Analisa Teknologi, Dan Arsitektur Komputer), 2(2). https://doi.org/10.55382/jurnalpustakadata.v2i2.307
Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690
Astafrina, S., Hadiyanto, H., Alwi, N. A., & Fitria, Y. (2022). Penggunaan Video Animasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3940
Aziza, N., Herlina, H., & Asti, A. S. W. (2021). Pengaruh Video Media Dongeng Terhadap Pengembangan Kemampuan Menyimak Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Mentari Kabupaten Takalar. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(02). https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol3.no02.a4248
Azizah, E. N. (2018). Pengaruh Video Cerita Ipin Dan Upin Terhadap Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Pada Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok A Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.19109/ra.v2i2.2845
Fatonah, D. (2019). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa SD Negeri 1 Sukamaju. Scholastica Journal Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Dan Pendidikan Dasar (Kajian Teori Dan Hasil Penelitian), 2(2). https://doi.org/10.31851/sj.v2i2.7566
Hasna Husniyah, Imam Tabroni, Ilham Fauzi AZ, Ryan Apriansyah, Yunisa Azahra, Taufik Luthfi, & Ahmad Fajar. (2023). Media Canva: Learning Media Breakthrough for Student Learning Motivation. Indonesian Journal of Interdisciplinary Research in Science and Technology, 1(2 SE-Articles).
Kiftia, S. M. K., & Rukmi, A. S. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Keterampilan Menyimak Teks Eksplanasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 10(08).
Kinanti, A., Rohman, S., Sutarjo, A., & Hanif, M. (2022). Penggunaan Video Scribe untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital dan Menyimak Dongeng Siswa Kelas III. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.766
Maryanti, S., & Kurniawan, D. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Untuk Pembelajaran Biologi Dengan Aplikasi PicpaC. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1). https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2922
Putri, F. R. A., & Syaiful Rizal, M. (2022). Penerapan Metode Silaba Melalui Video Pembelajaran Animasi Dalam Kegiatan Membaca Siswa Kelas 1 Sdn Sumber Wetan I Probolinggo. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2). https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6519
Raharjayanti, A. F. (2021). Keefektifan Media Video Pembelajaran Dari Youtube Terhadap Keterampilan Menyimak Dan Melagukan Tembang Macapat Kelas Iv. Joyful Learning Journal, 10(1). https://doi.org/10.15294/jlj.v10i1.44407
Setianto, I., & Yulia, C. (2022). Efektivitas Media Canva Untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Pada Siswa. Research and Development Journal of Education, 8(2). https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13624
Susilawati, W. O. (2023). Pengembangan Video Animasi Berbantu Stop Motion pada Subtema 4 Muatan PPKn Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1).
Viska, S. P., Surya, Y. F., & Aprinawati, I. (2023). Peningkatan Keterampilan Menyimak Menggunakan Model Cooperative Tipe Script Pada Siswa Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1). https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1453
Widyantoro, A. (2023). Penggunaan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Literasi Digital, 3(1). https://doi.org/10.54065/jld.3.1.2023.149
Copyright (c) 2024 Sarah Ramadhani abugar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






