Optimalisasi Penggunaan Media Slide Interaktif dalam Pengembangan Minat Belajar Anak Usia Dini
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengoptimalkan penggunaan media slide interaktif untuk pengembangan minat belajar anak usia dini. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam terstruktur, observasi, dan studi dokumentasi. Proses analisis data menggunakan model Miles&;Huberman. Mereka adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sebagai alat ukur, pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi sumber data. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak memahami materi yang diajarkan dan media slide interaktif menarik perhatian mereka dan memacu mereka untuk menjawab pertanyaan dari guru. Semua anak menunjukkan minat belajar dengan menunjukkan respon penuh dari anak, aktivitas belajar yang baik sehingga anak cepat memahami materi pembelajaran. Pada media ini juga terdapat kekurangan dalam penggunaannya, yaitu penguasaan penggunaan mouse saat anak-anak mengoperasikan media slide interaktif melalui laptop. Sehingga media slide interaktif dibagikan kepada orang tua di rumah dan anak kembali belajar dengan media ini dengan menggunakan ponsel pintar mereka sehingga anak lebih mudah menggunakan media ini.
References
Ambarita, H. M. (2015). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI BERHITUNG UNTUK ANAK KELOMPOK A TK TERUNA BANGSA. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/view/333/305
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari, Ed.; 1st ed., Vol. 1). CV. Jejak. https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Anindiya Wardana, M. (2020). PENGEMBANBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA TEMA TANAH AIRKU UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN. 1(2). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jt
Azizah Muhtar, N., Nugraha, A., Giyartini, R., & Edu, R. (2020). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Information Communication and Technology (ICT) (Vol. 7, Issue 4). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan (A. Anas, Ed.; 1st ed., Vol. 1). deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Kuantitatif_Aplikasi_d/nhwaCgAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=hamdi+dan+bahruddin&printsec=frontcover
Isrofah, Sitisaharia, & Hamida. (2022). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri. In JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 5, Issue 6). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Kayode, O. P., & Olaronke, K. B. (2014). Perceived Importance of ICT in Preparing Early Childhood Education Teachers for the New Generation Children. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 3(2). https://doi.org/10.11591/ijere.v3i2.5405
Koesnandar, A. (2021, March 3). Pembelajaran Kolaboratif di Era dan Pasca Pandemi, Mengapa Tidak? Pusat Data Dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.
Kurniasih, E. (2019). MEDIA DIGITAL PADA ANAK USIA DINI. In Jurnal Kreatif (Vol. 9, Issue 2).
Kurniasih, S. (2021). Penggunaan Power Point Interaktif Dalam Kegiatan Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Di Masa Pandemik Covid-19. 4(2), 233–249. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). PT. Remaja Rosdakarta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1133305
Munasti, K., & Suyadi, S. (2021). Respon Penggunaan Media Power Point Berbasis Interaktif untuk Anak Usia Dini di Era Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 876–885. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1567
Munawar, B. (2020). PEMANFAATAN BAHAN AJAR DIGITAL BERUPA ANIMASI PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/index
Raco, J. R., & Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif : Jenis. Karakteristik, dan Keunggulannya. Grasindo.
Rianto, P. (2020). MODUL METODE PENELITIAN KUALITATIF. https://www.researchgate.net/publication/343064279
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Strauss, A. & C. J. (2009). Dasar-dasar penelitian kualitatif.
Supriyadi. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini Dengan Animasi Interaktif Berbasis ActionScript. Journal Komunikasi, 11(1), 1–8. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/index
Wordpress. (2016, February 12). Pengertian, Sejarah dan Fungsi Microsoft Powerpoint beserta Kelebihannya. Wordpress.Org. https://blog.unnes.ac.id/ayukwitantri/2016/02/12/pengertian-sejarah-dan-fungsi-microsoft-powerpoint-beserta-kelebihannya/
Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.3
Copyright (c) 2023 Risnawati -

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






