The Implementasi Manajemen Kurikulum Di PAUD Non Formal SPS Sedap Malam 5 Sebagai Sekolah Penggerak

  • Yuli Pujianti STIT Al-Marhalah Al-'Ulya Bekasi
  • Rita Sulastini Universitas Islam Nusantara
  • Siti Aminah STIT Rakeyan Santang Karawang
  • Entin Nuryati Universitas Islam Nusantara

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen kurikulum di lembaga PAUD non formal SPS Sedap Malam 5 sebagai sekolah penggerak.. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman, mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini, yaitu SPS Sedap Malam 5 sebagai lembaga PAUD non formal yang terpilih menjadi sekolah penggerak sudah menerapkan kurikulum merdeka yang merupakan keharusan jika terpilih sebagai sekolah penggerak. Dalam penerapan manajemen perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di SPS Sedap Malam 5 secara bertahap sudah mengikuti  program sekolah penggerak hanya saja masih perlu bimbingan dari fasilitator sekolah penggerak. Para guru masih mengalami sedikit kesulitan dalam mengimplementasikan manajamen kurikulum merdeka mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Untuk mengatasi hal tersebut, SPS Sedap Malam 5 Kabupaten Bekasi mengadakan berbagai kegiatan agar membantu para guru dan lembaga dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka salah satunya dengan kegiatan pengimbasan.

References

Abdussamad, Z. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif.

Akbar, E. (2020). Metode belajar anak usia dini. Prenada Media.

Azan, K., & As’adut Tabi’in, M. P. (2023). Manajemen Pendidikan Anak Usia DinI. CV. DOTPLUS Publisher.

Baruta, Y. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka: Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Penerbit P4I.

DR HA Rusdiana, M. M., & Ratnawulan, E. (2022). Manajemen Kurikulum: Konsep Prinsip dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Arsad Press.

Fardiansyah, H., Octavianus, S., Abduloh, A. Y., Ahyani, H., Hutagalung, H., Sianturi, B. J., Situmeang, D., Nuriyati, T., Arifudin, O., & Morad, A. M. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal).

Febrini, D., & Syarifin, A. (2018). Bagaimana Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Di Ra Al-Haq Pematang Gubernur Kota Bengkulu. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 180–199. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/1515

Hapidin Yuli Pujianti Wahyuni Nadar. (2021). Manajamen Pendidikan TK/PAUD (3rd ed.). Universitas Terbuka. https://opac.ut.ac.id/detail-opac?id=40190

Hapidin Yuli Pujianti Wahyuni Nadar. (2022). Strategi pembelajaran untuk anak usia dini. UNJ Press.

Hasnahwati, H. (2021). Implikasi Pendidikan Islam Sejak Anak Dalam Kandungan. Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan, 4(1), 8–17. https://ojs.unanda.ac.id/index.php/andidjemma/article/view/675

Komalasari, K. (2022). Bunda PAUD: Change Agent PAUD Berkualitas.

Komara, E. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.

Kurniawan, A., Ningrum, A. R., Hasanah, U., Dewi, N. R., Putri, N. K., Putri, H., & Uce, L. (2023). Pendidikan anak usia dini. Global Eksekutif Teknologi.

Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi guru penggerak merdeka belajar. Bumi Aksara.

Nurdin, N. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Standar Proses di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 982–993. https://mail.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/485

Nurhayati, R. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang–Undang No, 20 Tahun 2003 Dan Sistem Pendidikan Islam. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 57–87. https://al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/view/123

Panzilion, P., Padila, P., & Andri, J. (2021). Pengetahuan Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini oleh Guru. Journal of Telenursing, 3(1), 85–94. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOTING/article/view/2115

Pujianti, Y. (2022). MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN (PENELITIAN TINDAKAN DI TK B LABSCHOOL STAI BANI SALEH, BEKASI). Al Hanin, 2(2), 56–66. https://journal.almarhalah.ac.id/index.php/alhanin/article/view/136

Rahman, A., Naldi, W., Arifin, A., & Mujahid, F. (2021). Analisis UU Sistem Pendidikan Nasional Np 20 Tahun 2003 dan Implikasinya terhadap Pelaksanaan Pendidikan di Indonesia. Analisis Uu Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Dan Implikasinya Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Di Indonesia, 4(1), 98–107. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/2010

Rendi, R. (2019). Pendidikan Sepanjang Hayat Dan Pendekatan Androgogi. An-Nidhom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 108–121. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/annidhom/article/view/4427

Rosyada, D. (2020). Penelitian kualitatif untuk ilmu pendidikan. Prenada Media.

Rozana, S., & Bantali, A. (2020). Stimulasi perkembangan anak usia dini: melalui permainan tradisional engklek. Edu publisher.

Sariani, N., Megavitry, R., Syukur, T. A., Sianipar, D., Hamsiah, A., & Safii, M. (2023). Pendidikan Sepanjang Hayat. Global Eksekutif Teknologi.

Shodiq, N. A. M. M., Mokodongan, B. N. F., Juniarti, Y., & Laiya, S. W. (2023). Peran Orang Tua dalam Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat pada Anak. Jambura Early Childhood Education Journal, 5(1), 68–81. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/1950

SISDIKNAS, U. (2003). Undang-undang Sisdiknas No 20 Tahun 2003. 1.

Soleha, R. (2020). Mitigasi Unintended Effects Dalam Tata Kelola Bantuan Internasional “Kasus: Bantuan Internasional UNICEF dan IKEA Foundation Dalam Program PAUD Berkualitas di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat 2017–2020.” Universitas Bakrie.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3216

Widodo, H. (2020). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Alprin.

Yusuf, S. (2019). Strategi Kepengawasan Tumpang Sari Menuju PAUD Berkualitas. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 4(2), 124–127. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/93

Published
2024-01-31