Pengenalan Pendidikan Seks untuk Anak Usai Dini Melalui Media Gambar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan cara yang tepat dalam mengenalkan pendidikan seks kepada anak usia dini melalui media gambar dan mengetahui pengembangan media gambar di TK Kemala Bhayangkari 01 Pekanbaru. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data didapatkan dari teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai pelengkap data, selanjutnya analisis data dengan cara teknik reduction data, data display, Conclusion Drawing/Verifying. adapun subjek penelitian adalah Guru, Kepala Sekolah dan objek penelitin adalah peserta didik di TK Kemala Bhayangkari 01 Pekanbaru. Hasil penelitian pengenalan pendidikan seks melalui media gambar peserta didik dapat mengetahui dan mengenali identitas diri laki-laki dan perempuan (peserta didik dapat menyebutkan identitas diri laki-laki dan perempuan, peserta didik dapat mengenali ciri-ciri perempuan dan laki-laki, peserta didik dapat mengetahui pakaian yang digunakan anak laki-laki dan perempuan), Pengetahuan tentang alat kelamin (peserta didik dapat menyebutkan nama alat kelamin diri sendiri).
References
Fitriani, D., Fajriah, H., & Wardani, A. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Buku Lift the Flap “Auratku.” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), 33. https://doi.org/10.22373/equality.v7i1.8683
Gerda, M. M., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2022). Efektivitas Aplikasi Sex Kids Education untuk Mengenalkan Pendidikan Seks Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3613–3628. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2170
Indriasari, T. T., Mardiah, S. S., & Nurvita, N. (2021). Pengaruh Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Audio Visual Terhadap Pengetahuan Anak Di Desa Sukapura Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 16(2), 219–227. https://doi.org/10.37058/jkki.v16i2.2580
Ismiulya, F., Diana, R. R., Na’imah, N., Nurhayati, S., Sari, N., & Nurma, N. (2022). Analisis Pengenalan Edukasi Seks pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4276–4286. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2582
Kamilah, S. (2021). Analisis Konten Buku Cerita “Aku Sayang Tubuhku” sebagai Media Pendidikan Seksual untuk Anak Usia Dini Artikel ____________________ Sejarah Artikel: Diterima (Januari) (2021) Disetujui (Januari) (2021) Dipublikasikan (Juli) (2021). JAMBURA Early Childhood Education Journal, 3, 93–105.
Kholis, M., & Pranoto, S. K. Y. (2020). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Literatur Review: Efektivitas Penerapan Pendidikan Seksual di Sekolah Formal untuk Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional …, 635–640. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes
Mardi, M. (2022). Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini: Implementasi dan Pencegahan. Journal of Economic and Islamic Research: JEIR, 1(1), 2964–2175.
Nurbaiti, N., Saripudin, A., & Masdudi, M. (2022). Pengembangan Media Sex Education Book Untuk Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Seksual Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 111. https://doi.org/10.24235/awlady.v8i2.11887
Oktarina, N. D., & Liyanovitasari, L. (2019). Media Cerita Bergambar Tentang Pengenalan Seks Dini Meningkatkan Pengetahuan Anak Usia Dini. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 6(2), 110–115. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296
Rahmah, Herwina, & Armayati, L. (2024). Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. In Pustaka Aksara (1st ed.).
Sari, M., & Andriyani, F. (2020). Cara Guru dalam Pengenalan Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini. Journal Education Child, 1(2), 53–60.
Situmorang, P. R. (2020). Pengaruh Pendidikan Seks Anak Usia Prasekolah Dalam Mencegah Kekerasan Seksual. Jurnal Masohi, 1(2), 82. https://doi.org/10.36339/jmas.v1i2.355
Yuniarni, D. (2021). Pengembangan Busy Book Berbasis Neurosains dalam Rangka Pengenalan Seks untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 513–525. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1336
Copyright (c) 2024 Herwina Herwina, Rahmah Rahmah, Rosneli R, Yenti Juniarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






