Pemanfaatan Video Animasi Edukatif dalam Stimulasi Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini
Abstract
Kemampuan bahasa pada anak usia dini kurang berkembang secara maksimal akibat kurangnya variasi dalam proses pembelajaran serta media yang digunakan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa melalui pemanfaatan video animasi edukatif pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah 18 anak di TK Negerei 4 Barru, yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa skala, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah 80%. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, di mana setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa anak mengalami peningkatan, yaitu dari 34% pada observasi awal menjadi 45% pada siklus I, dan meningkat hingga mencapai 83% pada siklus II. Indikator yang muncul adalah anak mampu mendengarkan, berbicara, dan memahami kosakata baru. Penelitian ini menyarankan perlunya pengembangan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif di dalam kelas.
References
Adinda, W., Hidayat, A., Cahyaningrat, D., Oktania, S., Alfikri, S. R., Junedi, B., & Mubarok, A. (2024). PENDAMPINGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROLEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 10778–10782. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37207
Agustini, S. D., Yuliana, S., & Hamliyah, H. (2024). Pemanfaatan Media Youtube dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia di Paud Aster 36. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i4.3189
Anggraeni, D., & Gustiana, E. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Video Smart Hafiz Terhadap Keterampian Bicara Anak. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 139–149. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.676
Ariani, M., Zulhawati, Z., Haryani, H., Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., & Hamsiah, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Arnold, D. H., Lonigan, C. J., Whitehurst, G. J., & Epstein, J. N. (1994). Accelerating language development through picture book reading: Replication and extension to a videotape training format. Journal of Educational Psychology, 86(2), 235–243. https://doi.org/10.1037/0022-0663.86.2.235
Asmara, A., Judijanto, L., Hita, I. P. A. D., & Saddhono, K. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi: Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Kreativitas pada Anak Usia Dini? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5728
Astuti, B., & Wathon, A. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Melalui Metode Pembelajaran. Sistim Informasi Manajemen, 2(2), Article 2.
Aulia, R., & Normaliza, N. (2024). Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i3.1498
Ayun, Q., & Wathon, A. (2024). Pengaruh Bermain Lempar Tangkap Bola Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 5 – 6 Tahun. Sistim Informasi Manajemen, 7(2), Article 2.
Azizah, S., & Wathon, A. (2023). Model Pembelajaran Kurikulum Merdeka Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B. Sistim Informasi Manajemen, 6(2), Article 2.
Bintang, D. W. P., Pertiwi, A. D., & Azainil, A. (2024). Analisis Penggunaan Teknologi pada Proses Pembelajaran di PAUD. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.810
Fitri, R., & Pransiska, R. (2020). Keunggulan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1120–1131. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.575
Gaibani, A., & Elmenfi, F. (2016). Age as an Affective Factor in Influencing Public Speaking Anxiety of English Language Learners at Omar Al-Mukhtar University. Advances in Language and Literary Studies, 7(2), 179–182.
Hanifah, T. M. N., & Atika, A. R. (2020). Mengembangkan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui Tebak Gambar. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(3), 196–204. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i3.p196-204
Khoir, A., & Aminatuzzuhriah, A. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 12002–12008. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33262
Luhulima, D. A. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MATERI PEMBELAJARAN KARAKTER BERSAKSI DI SEKOLAH MINGGU. INSTITUTIO: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN, 4(1), 1–10.
Mafazah, H. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO EXPLAINER PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(4), 339–353.
Munar, A., & Suyadi, S. (2021). Penggunaan Media Animasi dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.13207
Nyanjom, J. (2018). Cycles within cycles: Instilling structure into a mentoring self-study action research project. Educational Action Research, 26(4), 626–640. https://doi.org/10.1080/09650792.2017.1386116
Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2021). Flipped Classroom: Membuat Peserta Didik Berpikir Kritis, Kreatif, Mandiri, Dan Mampu Berkolaborasi Dalam Pembelajaran Yang Responsif. Penerbit Andi.
Pavlou, V. (2020). Art Technology Integration: Digital Storytellying as a Transformative Pedagogy in Primary Education. International Journal of Art & Design Education, 39(1), 195–210. https://doi.org/10.1111/jade.12254
Rifa’i, Y. (2023). Analisis Metodologi Penelitian Kulitatif dalam Pengumpulan Data di Penelitian Ilmiah pada Penyusunan Mini Riset. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.59996/cendib.v1i1.155
Rohmah, B., & Aziz, T. (2024). Perkembangan bahasa anak usia dini di era digital: Dampak media youtube, peran pengasuhan, dan perubahan sosial. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.24903/jw.v9i2.1796
Salis, W. A., & Siagian, I. (2023). PERKEMBANGAN KOGNITIF ANTARA HUBUNGAN BAHASA DAN PROSES BERPIKIR DALAM BERKOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 789–795. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1565
Sufa, F. F., & Widyahening, Ch. E. T. (2023). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Matematika dalam Perkembangan Kognitif anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3819–3830. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3646
Vandayo, T., & Hilmi, D. (2020). Implementasi Pemanfaatan Media Visual untuk Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Arab. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(2), 217–236. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v5i2.3873
Weisleder, A., & Fernald, A. (2013). Talking to Children Matters: Early Language Experience Strengthens Processing and Builds Vocabulary. Psychological Science, 24(11), 2143–2152. https://doi.org/10.1177/0956797613488145
Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-Teori Belajar Dan Model-Model Pembelajaran. Puri Cipta Media.
Wibowo, H. S. (2023). Ice Breaker dan Pembelajaran. Tiram Media.
Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.8437
Zara, M. (2020). Penggunaan Media Film Animasi dan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Bachelor’s Thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/53105
Copyright (c) 2025 Namira Alya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






