Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Sentra Terhadap Pembentukan Karakter Anak

  • Sri Rawanti Universitas Negeri Gorontalo
  • Yenti Juniarti Universitas Negeri Gorontalo
  • Endah Setyowati Universitas Negeri Gorontalo
  • Sri Wahyuningsi Laiya Universitas Negeri Gorontalo
  • Rapi Us Djuko Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Model Pembelajaran, Pembelajaran Sentra, Karakter Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh model pembelajaran berbasis sentra pada anak usia 5-6 tahun di Lembaga PAUD Kota Gorontalo. Permasalahan ini diteliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen desain modelNonequivalent Control Grup Design. Model pembelajaran sentra dilakukan dengan penyelenggaraan pembelajaran berfokus pada anak dalam lingkaran menggunakan empat jenis pijakan yaitu pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan selama main, dan pijakan setelah main. Eksperimen pembelajaran sentra dilaksanakan pada lima hari sekolah, serta satu jenis sentra setiap harinya. Terdapat lima sentra yang diterapkan yaitu balok, bahan alam, seni, persiapan, dan bermain peran. Model pembelajaran sentra dapat menstimulus anak dalam mengoptimalkan karakter mandiri pada anak. Dari perhitungan uji analisis dengan memilih uji  independent sampel test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,003 lebih kecil dari pada

References

Andayani, T. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Aktivitas di PAUD. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Azizah, R. F. (2020). Profil Guru Kreatif di PAUD: Studi Kasus di PAUD Terpadu Bunda Tami, Kabupaten Tasikmalaya. Universitas Pendidikan Indonesia.

Fauziah, N. (2021). Collaborative Learning for Character Development in Early Childhood. Journal of Social Development.

Halimah, L. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Hapsari, A. D., et al. (2020). Effectiveness of Center-Based Learning in Early Childhood Education. Journal of Early Education Studies.

Hidayatullah, A. (2020). The Role of Honesty in Character Education for Young Children. Character Education Journal.

Juniarti, Yenti; Utoyo, Setiyo; Ramadan, G. (2021). Pengembangan Aplikasi Game Edukasi dalam Membentuk Karakter anak. 1, 26–33.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Pendidikan Karakter di PAUD: Strategi Penguatan Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Kemdikbud.

Mangge, K., & Juniarti, Y. (2021). Penilaian Pembelajaran Pendidikan Berbasis Karakter Pada Aspek Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 293–297. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1151

Nugroho, D., & Pratiwi, L. (2020). Pendidikan Karakter: Konsep, Strategi, dan Implementasinya di Sekolah PAUD. Surabaya: Global Press.

Nurlaeni, & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD.

Putri, R. A., & Ramadhani, N. (2022). Improving Discipline Through Play-Based Learning in PAUD. Indonesian Journal of Early Childhood Education.

Putri, S. D., Ahmad, A., & Lestari, P. (2023). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pengembangan Karakter di PAUD. Bandung: CV Bumi Aksara.

Rahmawati, T. (2023). Building Responsibility in Early Childhood Through Center-Based Activities. International Journal of Educational Research.

Ramadhan, Y.L. (2022). Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona. Respository. UIN Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789

Ramli, M. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini di Lembaga PAUD. Yogyakarta: Deepublish. Ramli, M. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini di Lembaga PAUD. Yogyakarta: Deepublish.

Rawanti, S. (2023). Ngaruh Metode Bercerita dan Metode Scaffolding Terhadap Perilaku Moral Anak. Jurnal Aksarasa Vol 9., No.1. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/1633.

Santrock, J. W. (2021). Life-Span Development. McGraw-Hill Education.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A., & Dewi, R. (2022). Metode Pembelajaran PAUD Berbasis Karakter: Teori dan Implementasi di Indonesia. Jakarta: Prenada Media.

Wardani, P. (2022). Fostering Independence in Early Learners: A Practical Approach. Early Years Journal.

Published
2025-01-30