Pengaruh Aplikasi Serial Belajar Si Kecil Terhadap Kemampuan Higher Order Thingking Skills Pada Anak di Kelas B

  • Misdalia Salilo Universitas Negeri Gorontalo
  • Sri Wahyuningsih Laiya Universitas Negeri Gorontalo
  • Rapi S Djuko Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Aplikasi Secil, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Aplikasi Secil terhadap pengembangan Higher Order Thinking Skills (HOTS) anak usia 5-6 tahun di TK Sekawan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group, melibatkan 28 anak yang dibagi secara acak menjadi kelompok eksperimen (penggunaan aplikasi Secil) dan kelompok kontrol (pembelajaran konvensional). Data dikumpulkan melalui instrumen tes HOTS dan dianalisis menggunakan uji statistik. Hasil uji One-Sample Test menunjukkan nilai signifikan pada kedua kelompok. Kelompok kontrol memperoleh t(13)=36.292, p=0.000 dengan mean difference 12.286, sedangkan kelompok eksperimen mencapai t(13)=31.217, p=0.000 dan mean difference 18.429. Selisih mean yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen (18.429 vs 12.286) membuktikan bahwa aplikasi Secil memberikan dampak lebih besar dalam meningkatkan HOTS dibanding metode konvensional Penelitian ini mengkonfirmasi efektivitas Aplikasi Secil sebagai media pembelajaran interaktif untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi anak usia dini. Penelitian merekomendasikan penggunaan aplikasi ini sebagai alternatif pembelajaran inovatif dengan tetap mempertimbangkan kebutuhan pendampingan oleh pendidik. Implikasi penelitian menunjukkan pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan anak usia dini untuk mengoptimalkan perkembangan kognitif.

References

Anggraeni, N. O., Abidin, Y., & Wahyuningsih, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Digital Pada Materi Keragaman Budaya Indonesia Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 8(1), 22. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v8i1.3976

Anggraini, H. I., Nurhayati, & Kusumaningrum, S. R. (2021). Pendidikan PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME MATEMATIKA BERBASIS HOTS DENGAN METODE DIGITAL GAME BASED LEARNING ( DGBL ) * Correspondence INFO ARTIKEL Diajukan Diterima Diterbitkan Kata kunci : Hayu Ika Anggraini , Nurhayati Keywords : Pendahuluan Teknolo. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(11), 1885–1896. https://doi.org/https://doi.org/10.36418/japendi.v2i11.356

Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. In Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi.

Ayu, K., Prasasti, D., Widiana, W., Gusti, I., & Japa, N. (2024). Media Wordwalls Berbasis Soal HOTS terhadap Literasi Digital. Indonesian Journal of Instruction, 5, 64–75. https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.50927

Dalman, R. P., & Junaidi, J. (2022). Penyebab Sulitnya Siswa Menjawab Soal HOTS dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS SMAN 1 Batang Kapas Pesisir Selatan. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 103–112. https://doi.org/10.24036/nara.v1i1.12

Eliza, D., Husna, A., Utami, N., & Putri, Y. D. (2022). Studi Deskriptif Profesionalisme Guru PAUD Berdasarkan Prinsip-Prinsip Profesional Guru pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Jurnal Basicedu, 6(3), 4663–4671. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2837

Fatimah, Rozani Al ’Am, M., & Hidayatur Rohmah, N. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Solite Kids Terhadap Kemampuan Berbahasa Arab Siswa Kelas V Mi Al Qur’an Al Hikmah. Al-Fakkaar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 143–152.

Juwita, M., Afriani, N. A., Arwinda, Anriani, A., Latief, F., & Intisari. (2025). Pengaruh Guess The Word Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini Kelompok B. 7, 1–11. https://doi.org/10.37411/jecej.v7i1.3509

Kalsum, U., Takda, A., & Erniwati. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis HOTS Berbantuan iSpring Suite 10 pada Development of HOTS-Based Learning Media Assisted by iSpring Suite 10 on Vibration , Wave and Sound Material. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 9(2), 67–74. https://doi.org/https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i2.91

Kartikasari, D., & Sulistyowati, H. (2023). Pemerolehan Bahasa Pertama dengan Aplikasi Secil pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Kelompok Bermain Ulul Albab Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 1485–1493.

Laiya, S. W. P. P. A. T. I. S. (2024). Pengaruh Teknik Ecoprintterhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Anak Usia Dini Di Tk Negeri Pembina Kihajar Dewantoro Kelompok B Kecamatan Kota Selatankota Gorontalo. 09(September).

Miftah, M. (2004). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105.

Mulya Sarana Hj Khadijah. (2018). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini.

Octofrezi, P., & Chaer, M. T. (2021). Perkembangan sosial dan kemampuan sosialisasi anak pada lingkungan sekitar. Kariman, 09(01), 1–14.

Rapi Us.Djuko, yenti juniarti, vika hastina ajam. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Tanah Liat Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok A. Jurnal Pelita PAUD, 8(1), 160–166. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i1.3460

Rosmalia, Djuko, R. U., & Rawanti, S. (2024). Pengaruh Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering,Art and Mathematic) Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jambura Early Childhood Education Journal, 6(2), 246–260.

urnamPasari et al. (2020). Stimulasi Keterampilan HOTs dalam PAUD Melalui Pembelajaran STEAM. Seminar Nasional Pascasarjana, 3(1), 507–516.

Wijaya, A. B., & Andriyono, R. O. (2020). Penerapan HOTs Pada Media Pembelajaran Game Matamatika Dengan Metode DGBL. JITU : Journal Informatic Technology And Communication, 4(2), 25–33. https://doi.org/https://doi.org/10.36596/jitu.v4i2.258

Yulita, M., Budi, S., Asnah, M. B., Zulmiyetri, Z., & Safaruddin, S. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Secil Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan, 32(1), 139–144. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3569

Published
2025-07-30