Pengaruh Kegiatan Permainan Tradisional Ular Tangga Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Kelompok B
Abstract
Kesulitan siswa dalam melakukan kegiatan keterampilan motorik kasar anak menjadi masalah sehingga tujuan penelitian ini untuk memberikan peningkatan kegiatan keterampilan motorik kasar anak dengan menggunakan permainan tradisional ular tangga sebagai media. Sampel yang digunakan adalah anak Kelompok B sebanyak 12 orang dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Instrumen dalam mengumpulkan data menggunakan lembar observasi anak yang terdiri dari lembar observasi sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil lembar observasi nilai terendah sebelum perlakuan adalah 3 dan sesudah perlakuan adalah 6 sedangkan hasil lembar observasi tertinggi sebelum perlakuan adalah 10 dan sesudah perlakuan adalah 12. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan permainan tradisional ular tangga efektif untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok B di TK Negeri Pembina Samporoa
References
Aisyah, Siti. 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka. Jakarta.
Arif Rohman Hakim, Soegiyanto, Soekardi. “Pengaruh Usia Dan Latihan Keseimbangan Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Kelas Bawah Mampu Didik Sekolah Luar Biasa” Journal of Physical Education and Sports, Januari 2013, hlm. 202.
Dita Purbo Anggraini. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak melalui Permainan Ular Tangga Kreatif pada Anak Kelompok B PAUD PKK Plosorejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri. Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Hilda, Wardani. Astini, B. N. Astawa Suwasa, I. M. Pengembangan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak usia 4-5 tahun di Desa Suradadi Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur Tahun 2020. Vol 1:1 (2021). Journal homepage: https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPU/index.
Hurlock, Elizabeth. 2013. Perkembangan Anak. Erlangga. Jakarta.
Isjoni. 2014. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Alfabeta. Bandung
Khairun Nisa. (2021). “Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Permainan Ular Tanga Edukasi di Kelompok A TK Tunas Harapan Tambang”. Skripsi. Bangkinang: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Laila, Dinta Silfana. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Kadende Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Di Kelompok B PAUD Melati Petapa Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parigi Moutong. (Skripsi)
Martinis dan Jamilah. 2012. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Gaung Persada. Jakarta.
Mayke S. Tedjasaputra, Bermain, Mainan, dan Permainan, PT Gramedia Widia Sarana, Jakarta, 2001, hal. 92-94
Melsi, A. 2015. “Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Virus di Kelas X Sekolah Menengah Atas Nusantara Indah Sintang Tahun Pelajaran 2015/2016”. Skripsi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.
Montolalu, (dkk). 2014. Bermain dan Permainan Anak. Universitas Terbuka.
Rahyubi, Heri. 2012. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran Motorik. Nusa Media. Bandung.
Ratnaningsih. N. N. 2014. “Penggunaan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Kelas III A SDN Nogoporo”. Skripsi. Sleman: Universitas Negeri Yogyakarta.
Rudyanto dan Yudha M.S. 2005. Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak. Depdiknas. Jakarta.
Safitri, Damayanti, Reyna 2019. Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak di TK Kelompok B Madrasah Pembangunan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta: 2019.
Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Pradana Media Grup. Jakarta.
Septriani, Vike 2023. Pengaruh Permainan Ular Tangga Raksasa terhadap Kemampuan Motorik Kasar anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Azhar 32 Padang. Skripsi. Universitas Negeri Padang. Padang: 2023.
Sujiono, Bambang., dkk. 2007. Metode Pengembangan Fisik. Universitas Terbuka: Jakarta.
Sujiono, Yuliani Nuraini. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks, 2009.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks. Jakarta.
Suyadi, Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar PAUD. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Tri Suwarno Handoko Noviyanto, dkk. Perkembangan Peserta Didik (Jakarta: Pradina Pustaka, 2022), hlm. 78.
Widowati, Febryna (2014). Penggunaan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa pada Tema Hiburan. Universitas Negeri Surabaya. Vol 2:1.
Copyright (c) 2025 Dwi Elyanur, Didik Purwanto, Amrullah Amrullah, Andi Agusniatih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






