Pengembangan E-Book Mesin Baling-Baling Sederhana Dina Dalam Mengenalkan Konsep Rekayasa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book interaktif berjudul “Mesin Baling-Baling Sederhana Dina” sebagai media pembelajaran dalam mengenalkan konsep rekayasa kepada anak usia dini. Latar belakang pengembangan ini didasari oleh kebutuhan akan media pembelajaran yang inovatif, menarik, dan sesuai dengan karakteristik belajar anak usia dini yang bersifat konkret dan visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengemumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Pada tahap validasi, e-book memperoleh penilaian “sangat layak” dengan skor 100% dari ahli materi dan 95% dari ahli media. Uji coba implementasi dilakukan di kelas B RA Fathun Qorib dengan melibatkan 18 anak dan 9 responden dari guru dengan menggunakan instrumen yang terdiri dari 17 butir pernyataan, menghasilkan skor rata-rata sebesar 78,92% yang termasuk dalam kategori “layak”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book ini efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar, pemahaman visual dan auditori, serta mendorong kemandirian anak usia dini dalam mengenal konsep rekayasa.
References
Aditiya, Ellysa &. M. Akkas, Muhammad Akkas, Ellysa Aditya Suryawati, Ellysa &. M. Akkas Aditiya, Maria Raharjo, Sisilia Maryati, Dyah M. Sulistyati, Sri Wahyaningsih, I. Wayan Wijania, Kemdikbud, Dyah M. Sulistyati, Sri Wahyaningsih, I. Wayan Wijania, and Kemendikbudristek. 2021. Buku Panduan Guru Capaian Elemen Dasar-Dasar Literasi & STEAM.
Ahmar, Dewi Satria, and Muhammad Fath Azzajjad. 2025. “Pendekatan Neuroeducation Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Dan Sosial Anak Usia Golden Age.” 2(1):9–20.
Amelia, Lina. 2024. “Pengembangan E-Book ‘ Hadiah Istimewa ’ Terhadap Jati Diri Anak.” 7(2):563–71. doi: 10.31004/aulad.v7i2.735.
Apriliani, Silvi, Alisah Nur Azizah, Anita Zahra, and Nuraly Ma’sum aprily. 2024. “Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini: Perubahan Kurikulum 2013 Ke Kurikulum Merdeka.” Jurnal Bocil: Journal of Childhood Education, Development and Parenting 2(1):1–12. doi: 10.28926/bocil.v2i1.1189.
Astuti*, Widya, Sulastri Sulastri, Muhammad Syukri, and Abdul Halim. 2023. “Implementasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Dan Kreativitas Siswa.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 11(1):25–39. doi: 10.24815/jpsi.v11i1.26646.
Elvira, Melly. 2022. “Model Pembelajaran STEAM ( Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics ) Di Kota Malang.” Preschool: Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia DIni 4(1):13–20.
Emi Latus Safitri, Arwendis Wijayanti, and Wening Sekar Kusuma. 2023. “Pengembangan Video Animasi ‘Pensil’ Penanaman Nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak.” Jambura Early Childhood Education Journal 5(2):261–90. doi: 10.37411/jecej.v5i2.2240.
Hanikah, Hanikah, Aiman Faiz, Prabawati Nurhabibah, and Mitia Arizka Wardani. 2022. “Penggunaan Media Interaktif Berbasis Ebook Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(4):7352–59. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3503.
Isabelle, Aaron D., Lindsey Russo, and Amalia Velazquez-Rojas. 2021. “Using the Engineering Design Process (EDP) to Guide Block Play in the Kindergarten Classroom: Exploring Effects on Learning Outcomes.” International Journal of Play 10(1):43–62. doi: 10.1080/21594937.2021.1878772.
Lestari, Astri Ajeng, Edi Hendri Mulyana, and Dindin Abdul Muiz. 2020. “Analisis Unsur Engineering Pada Pengembangan Pembelajaran STEAM Untuk Anak Usia Dini.” JPG: Jurnal Pendidikan Guru 1(4):211. doi: 10.32832/jpg.v1i4.3555.
Luthfy, Perdana Afif, Muniroh Munawar, Yuris Setyoadi, and Dwi Prasetiyawati Diyah D. H. 2023. “Perencanaan Engineering Design Process Pada Pembelajaran Outdoor Di PAUD.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(6):7397–7408. doi: 10.31004/obsesi.v7i6.5561.
Lyla, Rizky Wahyuning, Marianus Subandowo, and Sugito Sugito. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Pada Anak Usia4-5 Tahun.” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika) 7(2):385–91. doi: 10.29100/jipi.v7i2.2714.
Makdis, Nasrul. 2020. “Penggunaan E-Book Pad Era Digital.” Al-Maktabah 19:77–84.
Nabilah, Riska, Syuhendri Syuhendri, and Sardianto Markos Siahaan. 2023. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Ebook Bagi Guru Fisika Dalam Proses Pembelajaran.” VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 14(1):164–74. doi: 10.31932/ve.v14i1.2199.
Ningrum, Sri Utari, Ibut Priono Leksono, and Ujang Rohman. 2022. “Pengembangan Media Ajar E-Book Berbasis Sains Model Addie Di Taman Kanak-Kanak.” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika) 7(3):958–68. doi: 10.29100/jipi.v7i3.3154.
Putri, I. P., Z. Z. Fitri, S. G. Putri, N. Kamil, and N. Kamil. n.d. Pengembangan Kurikulum Dan Asesmen Pembelajaran Anak Usia Dini - Jejak Pustaka. Jejak Pustaka.
Ramadan, G., & Juniarti, Y. (2020). Metode penelitian: pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D.
Rina Amelia, Slamet Triyadi, Uah Maspuroh. 2023. “3 1,2,3.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9(23):656–64.
Sari, Pratiwi Kartika, Dendi Wijaya Saputra, Ferihen, and Widia Winata. 2021. “STEAM (Sains, Teknologi, Engineering, Art and Mathematics).” UMJ Press 1–124.
Copyright (c) 2025 Sherina Wifda, Lina Amelia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.