Penerapan Ape Dadu Raksasa Untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini di Ra Takrimah Tungkob
Abstract
Literasi pada anak usia dini ialah kemampuan anak terhadap memahami dan menggunakan bahasa tertulis. Bahasa juga merupakan alat komunikasi untuk mengungkapkan ide dan isi hati. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di RA Takrimah Tungkob ditemukan masih terbatasnya perbendaharaan kosa kata dan masih minim media pembelajaran yang digunakan, Adapun media yang digunakan kurang tepat sehingga anak kurang tertarik terhadap pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk melihat adakah peningkatan dalam penerapan APE Dadu Raksasa untuk meningkatkan literasi anak usia dini di RA Takrimah Tungkob. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-Eksperimen menggunakan teknik penelitian Sampling. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa penerapan Ape Dadu Raksasa berkontribusi secara signifikan terhadap kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun di RA Takrimah Tungkob. Temuan ini didasari oleh hasil pretest yang dilakukan sebelum perlakuan, yang mana nilai rata-rata yang didapati murid 8.5 dan dikatagorikan dalam kriteria ‘muncul sebagian kecil’. Setelah diberikan tiga kali (treatment), nilai rata-rata posttets bertambah jadi 13, yang masuk kedalam kriteria ‘muncul pada keseluruhan kegiatan’. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung 12.362 lebih besar dari pada nilai ttabel 1.706, sehingga terdapat dasar untuk menolak Ho dan Menerima Ha. sehingga bisa dikatakan bahwasanya penggunaan Ape Dadu Raksasa dapat meningkatkan Literasi RA Takrimah Tungkob.
References
Afnida, M., Sari, R. E., & Syafnita, T. (2022). Pendekatan Whole Languange: Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini Mutia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 8586–8596.
Anggini, P., & Rakimahwati, R. (2022). Efektivitas Permainan Lempar Dadu Cari Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf. Journal of Education Research, 3(3), 131–137. https://doi.org/10.37985/jer.v3i3.91
Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134.
Berlianti, D. F., Abid, A. Al, & Ruby, A. C. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah untuk Analisis Data. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 1861–1864.
Daud, M. (2023). MELATIH PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GAYO “Men Tin.” Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 74. https://doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16953
Elisnawati, M., Palupi, W., & Dewi, N. K. (2018). Literasi Anak Usia Dini. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 2–6.
Erviana, Y., Munifah, S., & Mustikasari, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Kata Dengan Ape Dadu Cerdas. Jurnal Mentari, 1(2), 94–102.
Fatiya, U., Azilla, S., Faridy, F., Islam, U., & Banda, N. A. (2024). IMPLEMENTASI POJOK BACA DI DESA JAEE PAGAR AIR : UPAYA. 4(2), 60–67.
Haniah, N. (2013). Uji Normalitas Dengan Metode Liliefors. Statistika Pendidikan, 1, 1–17. http://statistikapendidikan.com
Heliati Fajriah, C. M. S. P. R. (2021). Pengembangan Media Papan Pintar Huruf Untuk Mengenalkan Huruf Abjad Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 143. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10485
Hewi, L. (2020). Pengembangan Literasi Anak Melalui Permainan Dadu Literasi Di TK AL-AQSHO Konawe Selatan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 112. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.7238
Ismail, R. S. N. (2020). THUFULI : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 2 Nomor 2 Tahun 2020 e-ISSN: 2685-161X. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 9.
Kemendibudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Fase Fondasi. Kemendibudristek, 1–38.
Lestari, D., Kurnia, R., & Zulkifli. (2022). Pengembangan media kotak huruf untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(4), 3066–3076. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3349%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/3349/2851
MAULIDA, S., & Suyadi, S. (2021). Pengembangan Literasi Anak Usia Dini melalui Media ABC Magnet Box di RA M Gandu I. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 150–158. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i1.8049
Meuthia, N., & Suyadi, S. (2021). Penggunaan Media Permainan Dadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 357–366. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.8905
Oktariana, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Menggambar Anak Melalui Permainan Jari-Jari Kreatif Pada Kelompok B Di Tk Al-Ikhlas Lamlhom Kecamatan Lhoknga Aceh Besar. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 86. https://doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.17055
Pariaman, N., & Syofiani, W. (2009). Permainan Dadu Kata Bergambar Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah. I(1), 1–12.
Rakhmawati, R. (2022). Alat Permainan Edukatif (APE) untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 381–387. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.293
Samio, S. (2018). Aspek – Aspek Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(2), 36–43. https://doi.org/10.30743/best.v1i2.791
Setyawan, F., & Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(2), 92–98. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3490
Shabani, K., Khatib, M., & Ebadi, S. (2010). Vygotsky’s Zone of Proximal Development: Instructional Implications and Teachers’ Professional Development. English Language Teaching, 3(4). https://doi.org/10.5539/elt.v3n4p237
Soeprajogo; Purnama, M., & Ratnaningsih, N. (2020). Perbandingan Dua Rata-Rata Uji-T. Universitas Padjajaran, 5–20.
Copyright (c) 2025 Maulida Maulida, Faizatul Faridy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






