Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Focusky dalam Mengembangkan Minat Pra-membaca Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media pembelajaran berbasis Focusky terhadap pengembangan minat pra-membaca anak usia dini di RA Al Munawwaroh. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat pra-membaca anak yang disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran konvensional yang kurang menarik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 15 anak usia 5 tahun di kelas A2 yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji paired sample t-test, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap minat pra-membaca anak setelah menggunakan media Focusky, dengan nilai rata-rata pretest meningkat dari 40,8 menjadi 87,53 pada posttest. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,7898 termasuk dalam kategori tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa media Focusky efektif dalam meningkatkan minat pra-membaca anak usia dini.
References
Apriliantika, E., Enawati, E., Masriani, M., Melati, H. A., & Ulfah, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Focusky Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Submateri Pemisahan Campuran. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 9(2), 87–94. https://doi.org/10.29406/ar-r.v9i2.2915
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : alaikaJurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Dewi, (2021). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 47–57.
Etivali, A. U. Al, & Alaika M, B. kurnia ps. (2019). Pendidikan Pada Anak Usia Dini. Jurnal :Penelitian Medan Agama, 10(2), 212–237.
Fatimah, S., Mahmudah, M., & Aisyah, N. (2021). Development of Multimedia Focusky-Based Comic Media on Natural Science Learning for Students Class V in Elementary School. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 7(1), 69–75. https://doi.org/10.19109/jip.v7i1.8846
Inayah, K., & Ropiah, O. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Focusky Terhadap Kemampuan Menyimak Dongeng Di MTs Negeri 9 Kuningan Kelas VII. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 8(2), 85–91.
Kusminar, R., & Muftianti, A. (2020). Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Minat Baca Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 03(01), 19–27.
Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435
Nuraeni, I., Ni’mah, K., & Rahayu, D. V. (2020). Implementasi Focusky Dan Kahoot Membantu Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 46–52. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.856
Rukiyah, Suningsih, T., Zulaiha, D., & Akbari. (2025). Pengembangan E-Modul Berbasis Case Method pada Materi Perawatan Bayi bagi Mahasiswa PG-PAUD. Aulad : Journal on Early Childhood, 8(1), 473–488. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.876
Shofia, M., & Dadan, S. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1560–1561.
Sri, O., & Ningsih, U. (2020). Penggunaan Fokusky Sebagai Media Presentasi Pembelajaran Yang Efektif.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Vonnamita, Y., Musdiani, & Junita, S. (2024). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Pada Siswa Kelas I SD Negeri 2 Indrapuri Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(1), 1–14.
Copyright (c) 2025 Maya Fatimah Durrotul Mukarromah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






