Pengaruh Teknik Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Pada Anak Usia Dini Di RA Fatahlah

  • Nur Dwi Cahyani Pendidikan
  • Chitra Charisma Islami Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Eva Gustiana Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • NIka Cahyani Universitas Muhammadiyah Kuningan
Keywords: Permainana Tradisional, Engklek, Perkembangan Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik permainan tradisional engklek untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada anak usia dini, latar belakang penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak sangat penting untuk perkembangan intelektual dan akademik, melalui permainan tradisional engklek ini dengan mengenalkan lambang bilang dan warna dapat mengembangkan perkembangan kognitif pada anak usia dini.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui obsevasi dan dokumentasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak didik di RA Fatahilah Pangkalan yang berjumlah 41 anak didik. Sedangkan sampel penelitian ini menggunakan simple random sampling karena pengambilan nya secara acak. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas data dimana untuk  mengetahui apakah distribusi sebuah data mengikuti atau mendekati distribusi normal, kemudian uji homogenitas untuk mengetahui apakah beberapa varian populasi adalah sama atau tidak, dan uji hipotesis (Uji wilcoxen) untuk melihat perbedaan pretest eksperimen dan posttest eksperimen untuk melihat seberapa besar pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan kognitif pada anak usia dini, dengan bantuan program SPSS dengan basis windows.33.

References

Aksara, S. T. (2023). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 12 No. 1 Maret 2023 http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm. 12(1), 101–105.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Ayunandiya, D. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Roda Keberuntungan (Penelitian pada Siswa Kelompok A Taman Kanak Kanak PGRI Tunas Harapan 2 Tempursari, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang). http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3314

Dedeh, E., & Mayasarokh, M. (2022). Penanaman Nilai Karakter Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Engklek. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 207–212. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2193

Didik, P., Sekolah Dasar, D. I., Aqobah, Q. J., Putri, C. H., Ummah, K. R., Anisah, R. W., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2023). Permainan Tradisional Engklek Untuk Peningkatan Motorik. Journal Olahraga ReKat (Rekreasi Masyarakat, 2(1), 2023–2024.

Ii, B. A. B., Konseptual, A. D., & Tradisional, P. P. (n.d.). KERANGKA TEORETIS DAN KERANGKA BERPIKIR. 7–23.

Iii, B. A. B. (2014). 15.1100.130 Bab 3. 32–47.

Internasional, J. B. (2023). Journal of S.P.O.R.T, Vol. 7, No.1, Maret 2023. 7(1), 46–53.

Kerja, H., & Pengembangan, D. A. N. (2023). LABORATORIUM KLINIK PRAMITA MEDAN TESIS Oleh GADIS AISIYAH PROGRAM STUDI MAGISTER PSIKOLOGI PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MEDAN AREA MEDAN TESIS Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister Psikologi pada Program Pascasarjana Univ.

Mu’min, S. A. (2013). Teori Pengembangan Kognitif Jian Piaget. Jurnal AL-Ta’dib, 6(1), 89–99. https://ejournal.iainkendari.ac.id

Mulyaningsih, E., & Palangngan, S. T. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Taerhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. 1(1), 29–40.

Nurasyiah, R., & Atikah, C. (2023). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan, 17(1), 75. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.15397

Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., Volume, D., Tahun, N., Permainan, P., & Engklek, T. (2017). KELOMPOK B DI TK BAYU KUMDHALA BUBUNAN Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , FIP Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidika. 5(2), 127–136.

Permata Sari, R. (2017). LP3M IAI Al-Qolam KREATIVITAS BERMAIN ANAK USIA DINI. 1–27. http://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnal_pusaka/article/view/105

Pertiwi, D. A. (2018). PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN. 86–100.

Prima, E., & Lestari, P. I. (2022). Pengaruh Penerapan Permainan Tradisional Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 5, 199–206. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/2240/1765

Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 19. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v16i1.1170

Ramadhina, A., Permata Sari, D., Fadiah Nasution, R., & Islam Negeri Sumatera Utara, U. (2024). Karakteristik Perkembangan Kognitif Pada Anak. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(4), 177–184.

Rika Widianita, D. (2023). Pengaruh Pernainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Permata Bunda Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. In AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam: Vol. VIII (Issue I).

Rosmiati. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Penggunaan Metode Discovery Pada Murid Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Wolio Kota Baubau. 53(9), 1689–1699.

Saebani, Ahmad, B. (2016). Uji Reabilitas dan Uji Validitas. 1–23.

Safita, M., Suryana, D., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Pendidikan, F. I., & Padang, N. (n.d.). PENGENALAN WARNA MELALUI MEDIA STICK WARNA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN Kata Kunci : Pengenalan Warna , Media Stick Warna , Kemampuan Kognitif Usia 4-5. 28–43.

Santoso, D. (2021). Penelitian Eksperimen. Repository.Radenfatah.Ac.Id, Mi, 1–72.

Sari, N. H., & Harahap, J. Y. (2022). Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usiadini di TK Al- Iklas. 6, 455–460.

Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Sukadariyah, R. F., Fatimah, A., & Maryani, K. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek terhadap Kemampuan Geometri Anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 57–63. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/6685

Sumardi, S., Rahman, T., & Gustini, I. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Playdough. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 190–202. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9359

Supangat, Saputra, H., Putera, R. P., Nurroh, S., Ansori, Hidayat, R., Ag, S., Pd, M., Belakang, A. L., Yudhistira, R., Rifaldi, A. M. R., Satriya, A. A. J., Nugraha, T. S., Khoiruddin, M., Nafrin, I. A., Hudaidah, H., Manubey, J., Koroh, T. D., Dethan, Y. D., … Cahyono, E. A. (2018). Dep. Agama RI, Undang-Undang dan Peraturan tentang Pendidikan, (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2006). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 13. https://e-journal.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jk/article/view/96%0Ahttps://sdip.dpr.go.id/search/detail/category/Jurnal Kajian/id/126%0Afile:///C:/Users/Andry Priyanto/Downloads/Filsafat_Ilmu__Prof_Sunarto_-with-cover-page-v2.pdf

Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. 01(01), 93–107.

Tampubolon, M. (2023). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 3(17), 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Wathon, A. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Modifikasi Terhadap Kemampuan Calistung Anak Kelompok A (Usia 4-5 Tahun). STAI Miftahul Ula Nganjuk, 642–673.

Published
2025-07-31