Pengaruh Media Puzzle Angka Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Pada Kurikulum Merdeka Anak Usia 4-5 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai kemampuan, dan menganalisis kemampuan kecerdasan logika matematika pada anak usia 4-5 tahun. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 20 anak, terbagi menjadi 10 anak pada kelompok eksperimen dan 10 anak pada kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang di gunakan adalah statistik deskriptif dan analisis nonparametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa kecerdasan logika metematika anak yang di beri perlakuan dengan menggunakan puzzle angka pada kelompok eksperimen lebih baik di bandingkan dengan kelompok kontrol. Dapat di lihat dengan melihat hasil dari Wilcoxon Signed Rank Test. Uji Wilcoxon menghasilkan nilai Sign (2-tailed), di mana nilai di bawah 0,05 (misalnya 0,005) mengindikasikan penolakan H0 dan penerimaan H1, yang mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan pada skor kecerdasan logika matematika anak. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media puzzle angka memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan kecerdasan kognitif anak usia 4-5 tahun di taman kanak-kanak Harindah
References
Herlina. (2020). Pengaruh Media Puzzle terhadap kemampuan logika matematika anak di taman kanak-kanak aisyiyah bustanul athfal di cabang karunrung kota makassar. Klasikal: journal of education, language teaching and science, 2(1), 1–10.
Islam, U., & Sumatera, N. (2025). Penggunaan media puzzle angka dalam mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak di SDN 101769 tembung the use of number puzzle media in developing early counting skills in children at SDN 101769 tembung. 5(1), 27–40.
Ismail, M. H., Halimah, L., Hopiani, A., & AM, M. A. (2023). Penguatan kompetensi guru PAUD di Kabupaten pangandaran dalam implementasi merdeka bermain melalui media loose parts. Jurnal pengabdian kepada masyarakat bina darma, 3(3), 223–232. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i3.2658
Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum merdeka: Persepsi guru pendidikan anak usia dini. Jurnal obsesi : Jurnal pendidikan anak usia dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800
Kemendikbud. (2022). Capaian pembelajaran fase fondasi. Kemendibudristek, 1–38. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1678157827_capaian.pdf
Mufarizuddin, M. (2017). Peningkatan kecerdasaan logika matematika anak melalui bermain kartu angka kelompok B di TK Pembina bangkinang kota. Jurnal Obsesi : Jurnal pendidikan anak usia dini, 1(1), 62. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.32
Nabighoh, W. N., Mustaji, M., & Hendratno, H. (2022). Meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia dini melalui media interaktif puzzle angka. Jurnal obsesi : Jurnal pendidikan anak usia dini, 6(4), 3410–3417. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2410
Rahma Safitri. (2021). Penggunaan media puzzle angka dalam pengembangan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A di PAUD kartini kecamatan jati agung lampung selatan. pharmacognosy magazine, 75(17), 399–405.
Rahmat, D., Yang, T., & Esa, M. (2024). jdih.kemdikbud.go.id.
Siswono, T. Y. E. (2012). Belajar dan mengajar matematika anak usia dini. Seminar pendidikan anak usia dini, 1–9.
Utami, A. R., Hasibuan, C. A., Ismayani, W., Handayani, W. I., & Khadijah, K. (2022). Pengembangan permainan puzzle dalam mengembangkan kognitif anak usia dini di Tk islamiyah Nu. ANSIRU PAI : pengembangan profesi guru pendidikan agama islam, 6(1), 55. https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.11662
Wijayanti, V., Putri, I., Sari, P., Nuzula, F., Fuadi, Y. A., Rozak, A., Jombang, U. P., Pattimura, J., No, I. I. I., & Timur, J. (2024). Efektifitas penggunaan media pembelajaran crossword puzzle terhadap kemaampuan numerasi siswa sekolah dasar menggunakan konsep matematika dasar dalam situasi kehidupan sehari-hari . 8(2), 144–156.
Wulandari, M. (2019). Pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif pada anak 5-6tahun diajukan kepada fakultas tarbiyah dan tadris instiitut agama islam Oleh : MEFI WULANDARI NIM . 1416253006 Jurusan tarbuyah fakultas tarbiyah dan tadris istitut agama islam negeri http://repository.iainbengkulu.ac.id/2800/1/BAB I-V.pdf
Zubaidi, A., Astini, B. N., & Astawa, I. M. S. (2022). Pengaruh media puzzle terhadap perkembangan kognitif anak. 4(4), 1–5. https://doi.org/10.29303/jc18
Copyright (c) 2025 Ammiii Azmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






