Identifikasi Kesadaran Diri pada Anak di TK Negeri Pembina Pohuwato

  • Nurmala Ganil Universitas Negeri Gorontalo
  • Tuti Wantu Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Kesadaran diri, Anak Usia Dini, Taman Kanak-Kanak.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesadaran diri pada anak kelompok B. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan jenis penelitian Kualitatif. Data dalam penelitian ini dapat di peroleh langsung dari informan sekolah yaitu orang-orang yang terlibat langsung dalam sekolah seperti kepala sekolah dan guru-guru dan orang tua. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa identifikasi kesadaran diri pada anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato dapat di identifikasikan. Diantaranya: a). anak-anak sudah mampu mengetahui kesadaran emosi dan menyadari perasaannya. b). Penilaian diri atau kemampuan memandang dirinya sendiri, dari 18 anak terdapat 3 anak yang belum mampu mengetahui nama panjangnya. c). sedangkan untuk percaya diri tampil di depan kelas dan menyatakan pendapatnya, anak-anak sudah mampu melakukannya bahkan saling berebut untuk maju di depan kelas.

References

Auzoult, L and Hardy-Massard,S (2014) Desirability Associated with the Expression of Self, Consciousness In a French Population. Swiss Journal of Psychology, 73 (3) 183-188.
Andren. U (2012). Self-awereness and Self knowledge in Professions : Something
Anwar.2004, Pendidikan Kecakapan Hidup (Life skills education) Konsep & Aplikasi. Bandung : Alfabeta .
Anthony Dio Martin, Emotional Quality Management, Refleksi, Revisi dan Revelitalisas, Hidup Melalui Kekuatan Emosi. Hlm 193
Baron, A Robbert & Donn Byne, Psikologi Social Jilid I, Jakarta : Erlangga 2005

Brown, Duane & Srebalus D.J . 1988. An Introduction to the Counseling Profession. Boston: Allyn & Bacon.
Budiraharjo, Paulus. Jogjakarta 2002. Mengenal Kepribadian Mutakhir
Carol, S Catron. 1999. Early Childhood Curriculum second Education A Creative Play Model. Prentice- Hall,inc.
Danial Goleman, Emotional Intelligence Why It Can More Than IQ hlm 42
Duval, T.S & Silvia, P.J (2002) Self- Awareness, Probability Improvoment, & social Psyclogy 82, (1), 49-61.
Danial Goleman, Emotional Inteligence Why it Can Matter More Than IQ. Batam Books. New York, 1996, hlm 58
Danial Goleman, Emotional Intelegence Why it Can More Than IQ. hlm 64

Danial Goleman, Emotional Intelegence Why it Can More Than IQ. Hlm 65
Published
2019-01-20