Meningkatkan Kemampuan Dasar Kognitif Anak melalui Pembelajaran Sentra Persiapan
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui tahapan langkah-langkah penelitian dengan menggunakan pendekatan persiapan cyrcle dan mengetahui kemampuan dasar kognitif anak dalam kelompok B2 TK Islam TKIT Raudhatul Jannah Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini. Subjek dari penelitian ini adalah kelas B2 TKIT Raudhatul Jannah Pondok Cilegon Indah Cibeber Cilegon Banten yang berjumlah 20 anak dari 9 putri dan 11 putra. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil observasi dan tes dari sebelum siklus, siklus I, siklus II dan siklus III tentang peningkatan kemampuan dasar kognitif anak melalui pendekatan persiapan cyrcle di TKIT Raudhatul Jannah, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan dasar kognitif anak dapat ditingkatkan melalui Mempelajari persiapan cyrcle.
References
Seefaldt. C & A. Wasik. B, (2008) Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Indeks.
Susilawati, Dkk, (2014) Model-model Pendidikan Anak Usia Dini, Serang:UPI Kampus Serang
Sugiono. (2009) Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Somad, A dan Rahmat, M. (2009) Metode Penelitian. Bandung: Alqa PrismaInterdelta.
Wismiarti. (2006) Beyond Center and Circle Time, Pendidikan Sentra dan Lingkaran. Jakarta: Sekolah Al-Falah
Copyright (c) 2019 Fauziyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.