Implementasi Pendekatan SAVI (Somathic, Auditory, Visually, Intelectually) terhadap Kemampuan Membaca Permulaan AnakTunagrahita Ringan

  • Indah Ronita STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Erik Erik STKIP Muhammadiyah Kuningan
Keywords: Pendekatan SAVI;, Membaca Permulaan;, Tunagrahita Ringan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan SAVI terhadap kemampuan membaca permulaan tunagrahita ringan di SLB C Perwari Kuningan. Subjek penelitian  adalah 4 anak tunagrahita ringan kelas III di SLB C Perwari Kuningan. Metodologi penelitian yaitu Deskripstif Kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Instrumen pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang melalui reduksi, penyajian dan kesimpulan. Pengujian keabsahan data yaitu melakukan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa,(1)Pelaksanaan pembelajaran kemampuan membaca permulaan di SLB C Perwari Kuningan menggunakan pendekatan SAVI. (2)Strategi pembelajaran Pendekatan SAVI dalam pembelajaran membaca permulaan anak tunagrahita ringan, tersusun atas tiga tahapan yaitu Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (3) Dampak pendekatan SAVI di SLB C Perwari Kuningan dari pada perubahan tingkah laku,  mengembangkan keterampilan bertanya, mengemukakan pendapat,serta mencermati dan memeragakan sesuatu serta peningkatan motivasi. (4) Penerapan pendekatan SAVI terdapat beberapa kendala yang terjadi. Pertama, sulitnya mengidentifikasi kondisi emosional peserta didik. Kedua, kendala dari guru. Ketiga, ketidak terbukaan orang tua terhadap informasi awal tentang keadaan anaknya.

References

Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Aizid,Ayu, Diah. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Pop-up pada Anak Tunagrahita Ringan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Annisah, Khoirun. 2017. Pendekatan SAVI Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Ringan di SLB. Vol. 9 (3)

Daniel P. Hallahan, James M. Kauffman, Paige c.Pullen. 2009. Exceptional Learners Eleventh Edition. New Jearsey: PEARSON.

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hilwiyah, Dede. 2017. “ Penerapan Pendekatan SAVI dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Tematik”. Skripsi S1 Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

IGAK Wardani. 2010. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Universitas Terbuka.

Meier, Dave. 2005. The Accelerated Learning Hand Book. Penerjemah Rahmani Astuti. Bandung: Kaifa.

Musodah, Ari. 2014. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata bergambar Pada Anak Kelompok B2”. Skripsi S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Nazilah.2017. Peningkatan Keterampilan Sosial Tunagrahita Ringan melalui Metode Bermain Peran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Prastowo, Andi. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Qoyyimah,Adinul. Madechan. 2016. Pendekatan SAVI terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada anak Autis. Vol. 3 (3)

Rahim, Farida. 2006. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rose, Collin. 2003. Accelerated Learning Abad 21. Bandung: Nuansa Cendekia

Somantri, S. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama

Sukmana, A., Mahmudah, S. 2019. Pendekatan SAVI terhadap Kemampuan Mengenal Bangun Datar Anak Tunagrahita Ringan. Vol. 12 (3)

Suharsimi, Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Published
2021-02-03