Pengasuhan Anak Usia Dini Menurut Perspektif Ajaran Islam
Abstract
Akhlak perilakuyang diperlihatkan anak dapat tercermin dari siapa yang sudah mengasuhnya.Pengasuhan anak diperoleh dari orang yang terdekatnya baik di lingkungan rumah maupun dilingkungan sekolah. Guru merupakan lingkungan kedua yang terdekat setelah orang tua dirumah dapat ikut andil dalam pembentukan perilaku anak. Penelitian ini dilakukan di Taman-kanak Aisyiyah 48 pulo Asem Jakarta dimana didalam kegiatan belajar mengajarnya terdapat muatan penanaman ajaran persfektif Islam.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dianalisis berdasarkan data kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi bagaimana pengasuhan anak usia dini di TK Aisyiyah 48 menurut persfektif ajaran Islam. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengasuhan anak usia dini menurut persfektif ajaran islam di TK Aisyiyah 48 melalui pengasuhan Keteladanan/Contoh Rasullah SAW, kelembutan, kasih sayang, bersikap adil dan kejujuran.
References
Al-Jauziyah, Ibnu Qayyim.1999.Buah Ilmu. Jakarta: Pustaka Azzam.
Dwiarso Priyo. 2010. Napak Tilas Ajaran Ki Hadjar Dewantara, Yogyakarta: Majelis Luhur Pesatuan.
Elfindri. 2012. Pendidikan Karakter: Kerangka, Metode, Dan Aplikasi Untuk Pendidikan dan Professional. Jakarta: Baduose Media.
Ishlahunnisa. 2010. Mendidik Anak Perempuan Dari Buaian Hingga Pelaminan.Solo: Aqwam.
Naim Ngainun. 2012. Character Buliding Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu& Pembentukan Karakter bangsa. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Samani Muchlas Hariyanto. 2012. Pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Santoso Soegeng.2011. Konsep Pendidikan Anak Usia Dini menurut Pendirinya. Jakarta
Suparto Rahardjo.2009. “Ki Hajar Dewantara Biografi singkat“. Jogjakarta : Garasi.
Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, Ibnu Katsir, terbitan Muassasah Qurthubah, cetakan pertama, 1421 H.
Copyright (c) 2019 Cucu Sopiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






