Pengelolaan Pembelajaran Di Raudhatul Athfal Nurul Ilmi

  • Mira Mayasarokh STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Yayah Kodariah STKIP Muhammadiyah Kuningan
Keywords: Pengelolaan, Pembelajaran, Anak Uisa Dini

Abstract

Berdasarkan masalah yang diteliti di RA Nurul ilmi terdapat  keterbatasan pengelolaan pembelajaran, terbatasnya sarana prasarana yang belum memadai serta  upaya dan peran serta orang tua dan pemerintah desa sangat minim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengelolaan pembelajaran di RA Nurul Ilmi (2) Faktor pendukung dan penghambat pengelolaan pembelajaran di RA Nurul Ilmi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Keabsahan data mengunakan teknik triangulasi. Peneliti mengunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokunentasi untuk sumber data data yang sama secara serempak.  Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Dari hasil penelitian bahwa pengelolaan Pembelajaran di RA Nurul Ilmi cukup baik dengan banyaknya raihan prestasi dan adanya perubahan prilaku siswa, meskipun terdapat faktor penghambat kurangnya perhatian dan kurang nya komunikasi antara komite sekolah dan pemerintah desa.

References

Bafadal Ibrahim. 2006. Dasar-Dasar Manajemen Dan Supervisi Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Bumi Aksara.

Bahri, H. 2016. Pengelolaan Pendidikan dan Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal. Nuansa.

Damayanti, E., Pendidikan, J., Anak, I., Dini, U., Hartika, A. S., Pendidikan, J., Anak, I., Dini, U., Pendidikan, J., Anak, I., Dini, U., Pendidikan, J., Anak, I., Dini, U., Jannah, R., Pendidikan, J., Anak, I., Dini, U., Pratiwi, S. I., … Dini, U. 2018. Manajemen Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini pada Taman Kanak-Kanak Citra Samata Kaupaten Gowa.

Education, I. 2017. Evaluasi belajar peserta didik (siswa).

Erwinsyah, A. 2017. Manajemen pembelajaran dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas guru. Tabdir Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Farida, S. 2017. Pengelolaan Pembelajaran Paud. Wacana Didaktika. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.v5i02.63

Gunadi, R. A. A. 2014. Menyenangkan dengan Model Context Input Process Product.

H. Hadari Nawawi. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif. cetakan ke-7. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.

Kristiawan, M., & Rozalena. 2017. Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan).

Lilis Susilawati, S.Pd Arrofa Acesta, M. P. 2016. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 03 No 02 November 2016. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan.

Lutvaidah. U. 2015. Pengaruh metode dan pendekatan pembelajaran terhadap penguasaan konsep matematika.

Mahasiswa, S., Dasar, P., Sd, S., Pasca, S., & Upi, S. 2012. Pengelolaan Pembelajar. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Maryana Rita. Nugraha Ali & Rahmawati Yeni. 2010. Pengelolaan lingkungan Belajar. Bandung: Kencana Prenada Media.

Nurani Sujiono Yuliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Permata Puri Media.

Pengetahuan, A., Keterampilan, S. D. A. N., Sekolah, D. I., & Madrasah, A. 2017. Pelaksanaan Penilaian Auentik . 15(2).

Raharjo Mudjia. 2010. Jenis dan metode penelitian. Tersedia online di hmateri kuliah/215-jenis-dan-metode-penelitian-kualitatif. Html (diakses di Jakarta: Indonesia: 15 Juni 2015).

Rosyid Ridho, Markhamah, & Darsinah. 2015. Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di KB “Cerdas” Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Jurnal Penelitian Humaniora..

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 1996. Pengelolaan Pembelajaran Pada Siswa (Sebuah Pendekatan Evakuatif). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wulandari, M. 2017. Manajemen Pembelajaran Pada Lembaga Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik (Studi Pada Lbb Klinik Belajar Edu Privat Di Kota Baru Driyorejo Gresik). J+Plus Unesa, 6(1), 1–18.

Yanti Sri Danarwati SS, S.M. 2013. Manajemen Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Mimbar Bumi Bengawan.

Mulyasa. 012. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published
2021-08-02