Kompetensi dan Strategi Guru PAUD Profesional dalam Mengimplementasikan Teknik Pencatatan Penilaian

  • Jumiatmoko Jumiatmoko PG PAUD UNS
  • Anayanti Rahmawati Universitas Sebelas Maret
  • Upik Elok Endang Rasmani Universitas Sebelas Maret
  • Warananingtyas Palupi Universitas Sebelas Maret
Keywords: Guru, Penilaian, Asesmen, PAUD, Rasch

Abstract

Penelitian ini menguji kompetensi dan strategi guru profesional dalam mengimplementasikan teknik pencatatan penilaian. Partisipan dalam penelitian ini dipilih secara purposive. Partisipan yang bersedia terlibat sebanyak 14 guru profesional dengan berbagai latar belakang. Pengukuran dan analisis kompetensi menggunakan Rasch Model berbantuan aplikasi Ministep : Evaluation/Student Winstep. Strategi dan hambatan impelemtasi teknik pencatatan penilaian dianalisis secara kuanlitatif dengan model interaktif. Seluruh data dikumpulkan dengan Google Form. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas partisipan belum menguasai dengan baik seluruh kompetensi penilaian pembelajaran. Komponen kompetensi yang paling sukar dikuasi adalah menyusun rubrik ceklis untuk KD. 1 dan KD. 2 (Logit 5.26). Strategi utama implementasi teknik pencatatan penilaian dari partisipan dengan kompetensi yang paling baikyaitu perencanaan yang matang dengan pelaksanaan yang rinci dan sistematis. Hambatan utama dalam implementasi teknik pencatatan penilaian adalah keterbatasan waktu

References

Batubara, H. H. (2016). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Universitas Islam Kalimantan MAB, 8(1), 39–50. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i1.91

Fadlilah, A. N. (2021). Hambatan Pelaksanaan Asesmen Informal dalam Pembelajaran PAUD, 12(1), 62–72. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.28675

Jumiatmoko. (2020). Titik Lemah Perkembangan Moral Anak Usia Dini Pada Lembaga PAUD Berbasis Keagamaan. Jurnal AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 5(2), 91–98. Retrieved from https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33061/jai.v5i2.4393

Kemdikbud. Permendikbud No.146 Tahun 2014 (2015). Indonesia.

Kostelnik, M. J., Soderman, A. K., & Whiren, A. P. (2017). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak (Terjemah). Depok: Kencana.

Mania, S., Rasyid, M. R., Mulyani, S., Indasari, N., Wahyuni, W., & Juliati, J. (2019). Manajemen Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini Pada Satuan Paud. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(2), 135. Retrieved from https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i2.11679

Metafisika, K. (2019). Penilaian Keterampilan Bertanya Calon Guru PAUD sebagai Strategi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Child Education Journal, 1(2), 88–95. Retrieved from https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1413

Milles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. America: Sage Publications.

Mimpira, H., & Hadiwinarto. (2020). Kemampuan Guru Dalam Merancang Penilaian Pembelajaran Paud Di Gugus Mengkudu Bengkulu Tengah, 3(2), 30–40. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.32502/amp.v3i2.3056

Mokodompit, S. S., Sutisna, I., & Hardiyanti, W. E. (2020). Aktivitas Pembelajaran Guru di dalam Kelas. Jambura Early Childhood Education Journal, 2(1), 43–57. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.37411/jecej.v2i1.121

Novianti, R., Puspitasari, E., & Chairilsyah, D. (2013). Pemetaan Kemampuan Guru PAUD dalam Melaksanakan Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini di Kota Pekanbaru. Jurnal SOROT, 8(1), 95–104. Retrieved from https://doi.org/10.31258/sorot.8.1.95-104

Nurhayati, S., & Rakhman, A. (2017). Studi Kompetensi Guru Paud Dalam Melakukan Asesmen Pembelajaran Dan Perkembangan Anak Usia Dini Di Kota Cimahi. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 109–120. Retrieved from https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17699

Putra, N., & Dwilestari, N. (2016). Penelitian kualitatif PAUD (pendidikan anak usia dini) (IV). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Simanjuntak, I. A., Akbar, S., & Mudiono, A. (2019). Asesmen Formatif Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1097–1102. Retrieved from https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12686

Srinadi, N. N., Agung, .A. Gede, & Yudana, I. M. (2020). Pengaruh Bimbingan Berkelanjutan Terhadap Kemampuan Melaksanakan Asesmen Autentik pada Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 84–94. Retrieved from https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24365

Suminah, E., Nugraha, A., Yusuf, F., & Puspita, W. A. (2015). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. (E. Yulaelawati & K. Restuningsih,Eds.). Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Kemdikbud.

Suminah, E., Siantayani, Y., Paramitha, D., Ritayanti, U., & Nugraha, A. (2018). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. (E. Yulaelawati & K. Restuningsih,Eds.). Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Kemdikbud.

Thorpe, K., Rankin, P., Beatton, T., Houen, S., Sandi, M., Siraj, I., & Staton, S. (2020). The when and what of measuring ECE quality : Analysis of variation in the Classroom Assessment Scoring System ( CLASS ) across the ECE day. Early Childhood Research Quarterly, 53, 274–286. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2020.05.003

Tumardi, & Gonadi, L. (2018). Pelatihan Asesmen Autentik untuk Guru TK/RA Se Kecamatan Pakisaji. Jurnal Karinov, 1(3), 1–6. Retrieved from https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um045v1i3p%25p

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 1(1), 92–111. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p92-111.95

Published
2021-08-02