Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Mahasiswa Bimbingan dan Konseling
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi mahasiswa mengalami gejala stress akademik seperti merasa gugup, detak jantung berdetak saat hendak menemui dosen, malas serta kesulitan memahami penjelasan dosen. Efikasi diri yang dimaksud merupakan keyakinan atas kemampuan diri untuk menghadapi situasi atau kondisi dengan maksud mencapai tujuan tertentu. Stres akademik yang dimaksud merupakan kondisi ketidakseimbangan individu secara fisik maupun psikologis mengalami hambatan atau ketidakseimbangan antara tuntutan dan kemampuan dilihat dari gelaja fisik, berpikir, gelaja emosional dan gejala perilaku.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara efikasi diri dengan stress akademik mahasiswa angkatan 2016 Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional, dengan populasi 76 mahasiswa angkatan 2016 Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 40 responden, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment.
Hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi (rxy) = -0,748 dengan p = 0,000 (p < 0,050). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara efikasi diri dan stress akademik mahasiswa angkatan 2016 Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi.
References
DAFTAR PUSTAKA
Adian, K. (2018). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Tingkat Stress pada Mahasiswa Perantau Tahun Pertama di Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.
Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40-47.
Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress Akademik Akibat Covid-19. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5(2).
Desmita, D. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung:Remaja Rosdakarya Offset.
Ekawarna. (2019). Manajemen Konflik Dan Stres. Jakarta: Bumi Aksara.
Findiani E. (2019). How To Deal With Stress?. Yogyakarta: Penerbit Psikologi Corner.
Ghufron, M. N., & Risnawita S, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Namira, R. (2018). Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Stres Akademik Pada Remaja Sma Di Yogyakarta.
Oktaverina, I., & Nashori, H. F. (2015). Efektivitas Pelatihan Efikasi Diri dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Psikologi TALENTA, 1(1), 01-14.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.
Susanto, A. M. P. (2018). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah: Konsep, Teori, Dan Aplikasinya. Jakarta Kencana.
Sutja A dkk. (2017). Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan Konseling. Yogyakarta:Wahana Resolusi.
Suwartika dkk (2014). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stress Akademik Mahasiswa Reguler Program Studi D III Keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Jurnal Keperawatan Soedirman, 9(3), 173-189.
Wantu, T., & Tuasikal, J. M. S. (2020). Pengaruh Kinerja Tutor Asrama Terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.128
Copyright (c) 2022 Salma Bahriarninur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.