Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Mahasiswa Bimbingan dan Konseling

  • Salma Bahriarninur Universitas Jambi
  • Asradi Universitas Jambi
  • Freddy Sarman Universitas Jambi
Keywords: efikasi diri, stres akademik, gejala stres akademik

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi mahasiswa mengalami gejala stress akademik seperti merasa gugup, detak jantung berdetak saat hendak menemui dosen, malas serta kesulitan memahami penjelasan dosen. Efikasi diri yang dimaksud merupakan keyakinan atas kemampuan diri untuk menghadapi situasi atau kondisi dengan maksud mencapai tujuan tertentu. Stres akademik yang dimaksud merupakan kondisi ketidakseimbangan individu secara fisik maupun psikologis mengalami hambatan atau ketidakseimbangan antara tuntutan dan kemampuan dilihat dari gelaja fisik, berpikir, gelaja emosional dan gejala perilaku.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara efikasi diri dengan stress akademik mahasiswa angkatan 2016 Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional, dengan populasi 76 mahasiswa angkatan 2016 Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 40 responden, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment.

Hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi (rxy) = -0,748 dengan p = 0,000 (p < 0,050). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara efikasi diri dan stress akademik mahasiswa angkatan 2016 Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi.

References

DAFTAR PUSTAKA

Adian, K. (2018). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Tingkat Stress pada Mahasiswa Perantau Tahun Pertama di Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40-47.

Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress Akademik Akibat Covid-19. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5(2).

Desmita, D. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung:Remaja Rosdakarya Offset.

Ekawarna. (2019). Manajemen Konflik Dan Stres. Jakarta: Bumi Aksara.

Findiani E. (2019). How To Deal With Stress?. Yogyakarta: Penerbit Psikologi Corner.

Ghufron, M. N., & Risnawita S, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Namira, R. (2018). Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Stres Akademik Pada Remaja Sma Di Yogyakarta.

Oktaverina, I., & Nashori, H. F. (2015). Efektivitas Pelatihan Efikasi Diri dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Psikologi TALENTA, 1(1), 01-14.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Susanto, A. M. P. (2018). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah: Konsep, Teori, Dan Aplikasinya. Jakarta Kencana.

Sutja A dkk. (2017). Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan Konseling. Yogyakarta:Wahana Resolusi.

Suwartika dkk (2014). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stress Akademik Mahasiswa Reguler Program Studi D III Keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Jurnal Keperawatan Soedirman, 9(3), 173-189.

Wantu, T., & Tuasikal, J. M. S. (2020). Pengaruh Kinerja Tutor Asrama Terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.128

Published
2022-11-03
How to Cite
Bahriarninur, S., Asradi, & Sarman, F. (2022). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 3(2), 92-97. https://doi.org/10.37411/jgcj.v3i2.1482