Meningkatkan Pemahaman Perilaku Seksual Menyimpang Melalui Layanan Bimbingan Kelompok
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh peningkatan pemahaman perilaku seksual menyimpang yang dimiliki siswa sebelum dan setelah diberikan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Merangin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Ekperimen One group pretes-posttes, pada penelitian ini hasil penelitian akan diuji dengan menggunakan Uji T (Paired Sample T-test) dengan perhitungan berbantuan SPSS 20. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 orang siswa dengan 5 orang siswa perempuan dan 5 orang siswa laki-laki atau dapat dikategorikan dalam kelompok heterogen dalam bimbingan kelompok, dimana anggota kelompok atau subjek penelitian di ambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian digunakan dengan menggunakan angket, angket pada penelitian ini diberikan sebanyak 2 kali yaitu angket pretest dan angket posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nyata terhadap tingkat pengetahuan perilaku seksual menyimpang yang dimiliki siswa sebelum dan sesudah diberikan stimulus yaitu bimbingan kelompok. Hal ini ditunjukan dengan hasil analisis pada uji T sebesar 0,280 pada tingkat signifikasi (α) 0,05, dengan demikian menunjukkan bahwa 0,280 > 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan pemahaman perilaku seksual menyimpang sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok.
References
Abidin, Achmad Anwar.___. Perilaku Penyimpangan Seksual dan Upaya Pencegahan di Kabupaten Jombang. Prosiding Seminar Nasional dan Temu Ilmiah Jaringan Peneliti IAI Darusallam Blokagung Banyuwangi. ISBN : 978-602-500015-05.dan Praktik (4 ed.Vol 1). Jakarta: EGC.
Donsu, Jenita DT. 2017. Psikologi Keperawatan.Yogyakarta : Pustaka Baru Press
Falastri Sisca, Rangka Itsar Bolo. 2016. Prosedur Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Bandung: Mujahid Press.
Husein Muhammad, et. all. 2011, “Fiqh Seksualitas:Risalah Islam Untuk Pemenuhan Hak-Hak Seksualitas.Jakarta: BKKBN.
I Putu,Ade Andre Payadnya., I Gusti, Agung Ngurah T.J. 2018. Panduang Penelitian Ekperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Kalsum. Yayuk, Hariyanto.Sugeng. Penyimpangan Seksual Remaja di Lingkungan Prostitusi Di Desa Maospati Kabupaten Magetan. Artikel Paradigma. Volume. 5 No. 01 Tahun 2017.
Kartika,Setyaningsih Sunardi., Evi, Martha.,Essi Guspaneza. 2020. Potret Self-System Remaja dengan Perilaku Tindakan Seksual Beresiko di Provinsi Jambi. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, Volume 15. No.2. Halaman 59-64. Doi : https://doi.org/10.14710/jpki.15.2.59-64
Kusmiran, E. 2011. Kesehatan reproduksi remaja dan wanita. Jakarta: Salemba Medika
Lestari, H. dan Sugiharti S. 2011. Perilaku Beresiko Remaja di Indonesia Menurut Survey Kesehatan Reproduksi Remaja Indonesia (SKKRI) tahun 2007. Jurnal Kesehatan Rperoduksi. No.1 Hal 136-144
Lubis, D.P.U., 2017. Peran Teman Sebaya dan Paparan Media Pornografi Terhadap Perilaku Seksual Remaja Di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu.
Nadia, Sofiyanti.,Puji, Rianto.2021. Media Sosial dan Praktik-Praktif Voyeurism (Social Media Veyourism). Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, Volume 1. No.1. Hal 55-66
Pautina, M. R., Idris, I., & Tuasikal, J. M. S. 2020. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Harga Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 8-13. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.131
Potter, P dan Perry A. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep Proses
Prawirohardjo, Sarwono. 2008. Ilmu Kebidanan Sarwono Prawirohardjo. Jakarta: PT. Bina Pustaka Gunarsa dan Gunarsa, 2017. Psikologi Remaja. Jakarta. Penerbit Libri Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Rasimin, Hamdi. Muhammad. 2018. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara
Sarwono, S. W. 2010. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
Susanti, Ari Indra., Indraswari, Noormarina. 2020. Literasi Informasi Tentang Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja (KKR). Jurnal Menara Medika. Vol. 3 No.1 Hal 87-94
Sutja, Akmal. 2016. Teori dan Aplikasi Konseling dari Psikoanalisa sampai Gestalt. Yogyakarta: Penerbit WR.
Sutja,Akmal.dkk. 2017. Penulisan Skripsi Prodi Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Wahana Resolusi.
Copyright (c) 2022 Asa Ayu Ariana, Akmal Sutja, Fellicia Ayu Sekonda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.