Analisis Komitmen Mahasiswa Terhadap Perubahan Organisasi
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis simple random sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa Universitas Andalas Jurusan Manajemen yang sudah lulus pengkaderan oleh HIMA Manajemen. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, sedangkan hipotesis yang diajukan diuji menggunakan uji t independen dengan menggunakan program SPSS (versi 18). Sebanyak 50 responden diterima mahasiswa manajemen Universitas Andalas kampus Payakumbuh, dimana 50 responden dari kuesioner tersebut terisi lengkap dan benar untuk melakukan analisis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa setelah mengikuti pengakaderan HIMA M yang dilakukan oleh mahasiswa, Perubahan Mahasiswa menunjukkan kearah yang lebih positif atau lebih baik pada kepribadian mahasiswa seperti pandai mengatur waktu di lingkungan kampus meliputi kedisiplinan, manajemen waktu, kemandirian, kolaborasi, kreativitas, keteraturan, ketekunan, kecerdasan emosional, inisiatif, dan adaptabilitas.
References
Brown, U. J., & Gaylor, K. P. (2002). Organizational commitment in higher education. Unpublished Manuscript, Jackson State University, Jackson, MS.
Indriyani, S., & Mardiana, S. (2016). Pengaruh Penanganan Keluhan (Complaint Handling). Jurnal Bisnis Darmajaya, 2(1), 1–13. https://media.neliti.com/media/publications/75725-ID-pengaruh-penanganan-keluhan-complaint-ha.pdf
Ma’rufi, A. R., & Anam, C. (2019). Faktor yang mempengaruhi komitmen organisasi. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 9(1), 442, 446. file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/3458-8199-1-SM.pdf
Meyer, J. P., Allen, N. J., & Gellatly, I. R. (1990). Affective and continuance commitment to the organization: Evaluation of measures and analysis of concurrent and time-lagged relations. Journal of applied psychology, 75(6), 710.
Nofiard, F. (2013). Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan Lokal , Volume II Edisi 1, Januari-Juni 2013 73. II, 263–275.
Raineri, A. B. (2011). Change management practices: Impact on perceived change results. Journal of Business Research, 64(3), 266-272.
Rahayu, Amy.Y.S, Manajemen Perubahan dan Inovasi. Jakarta; Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press), 2013.
Syamsuriadi, S. Y. A. M. S. U. R. I. A. D. I. (2019). Lingkungan dan manajemen perubahan dalam organisasi. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 816-834.
Wibowo, Manajemen Perubahan. Ed.3.Cet.5;Jakarta; Rajawali Pers, 2016.
Hami, A. E., & Hinduan, Z. R. (n.d.). ORGANIZATIONAL CHANGE READINESS PADA UNIVERSITAS X. 1-16.
Hardiansah, M. F. (2019). Hubungan Keaktifan Berorganisasi Dan Budaya Organisasi Dengan Prestasi Akademik Pengurus Himpunan Mahasiswa. JURNAL Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 48-54.
Sahdan. (2023). Strategi Meningkatkan Kapasitas Mahasiswa dalam Berorganisasi. BIREV: Business and Investment Review, 54-68.
Sulaeman, A., & Purwanto. (n.d.). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Mengikuti Organisasi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran (Hima adp) dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi UNY. 296-305.
Copyright (c) 2023 Erizal Nazaruddin, Utama Melisha Hidayat, Nabila Safira, Poppy Noverlin, Olivia Vransisaka Cania

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







