Evaluasi Program Pelatihan Keterampilan Menjahit Di LKP Tri Nur

  • Fitriani Maruwae Universitas Negeri Gorontalo
  • Ummyssalam A.T.A. Duludu Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Rahmat Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Evaluasi, program pelatihan, keterampilan menjahit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai evaluasi program pelatihan keterampilan menjahit di LKP Tri Nur Kelurahan Liluwo Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi program model CIPP (Conteks, Input, Proses, Produk) yang dikembangkan oleh Daniel Stufflebeam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi Conteks: Program yang diselenggarakan oleh LKP Tri Nur telah sesuai dengan kebutuhan warga belajar;  Tujuan yang ditetapkan oleh program selaras dengan tujuan warga belajar; (2) Evaluasi Input: Sebagian warga belajar telah memiliki pengalaman menjahit; Karakteristik Instruktur dalam pembelajaran telah sesuai dengan program; Sarana dan prasarana sudah menunjang proses pelaksanaan program; (3) Evaluasi Proses: Warga belajar ikut aktif dalam pembelajaran; Instruktur mengajar dengan melihat kemampuan warga belajar; Instruktur yang mengajar mempunyai kemampuan dibidang menjahit; (4) Evaluasi Produk: Tujuan diselenggarakan program pelatihan keterampilan menjahit telah tercapai dan sesuai dengan visi misi lembaga; Hasilnya warga belajar memiliki kemampuan sesuai dengan tingkatan kursus yang diambil; Dampaknya, warga belajar lebih yakin pada kemampuan diri sendiri dan beberapa ada yang sudah membuka usaha mandiri.

References

Anwar. 2006. Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi & Cepi Jabar Safruddin. 2009. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi kedua. Jakarta: PT Bumi Aksara

Marzuki, Saleh. 2012. Pendidikan Nonformal Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukardi. 2014. Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tayibnapis, Yusuf Farida. 2008. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Widoyoko, Eko Putro. 2010. Evaluasi Program Pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2020-06-19
Section
Articles