Analisis Kecemasan Berbicara Peserta Didik Kelas 5 Sekolah Dasar pada Presentasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

  • Firdaus Hilda Ramadhani Universitas PGRI Semarang
  • Dina Prasetyawati Universitas PGRI Semarang
  • Fenny Roshayanti Universitas PGRI Semarang
  • Layla Maulida Rizky SDN Tandang 01
Keywords: Kecemasan berbicara, presentasi

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan siswa, termasuk melalui kegiatan presentasi yang mendukung pengembangan literasi. Namun, penelitian ini mengidentifikasi bahwa banyak peserta didik kelas lima mengalami kecemasan berbicara saat presentasi, yang menghambat kepercayaan diri dan kemampuan mereka untuk berkomunikasi secara efektif di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat, jenis, dan dampak kecemasan berbicara pada siswa kelas lima saat presentasi mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa mengalami kecemasan berbicara pada tingkat sedang. Kecemasan tersebut dapat dikategorikan menjadi kecemasan kondisi, kecemasan sifat, dan kecemasan spesifik situasional. Kecemasan berbicara ini berdampak negatif pada kemampuan siswa dalam menyampaikan presentasi, seperti kesulitan berkonsentrasi dan kurangnya kepercayaan diri. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perlu adanya upaya untuk mengurangi kecemasan berbicara pada siswa agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Cassady, J. C. (2010). Anxiety in Schools: The Causes, Consequences, and Solutions for Academic Anxieties. Peter Lang.

Horwitz, E. (2001). Language anxiety and achievement. Annual Review of Applied Linguistics, 21(1), 112.

Khairunisa. (2019). Kecemasan Berbicara di Depan Kelas pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 212–222.

Linggasari, E., & Rochaendi, E. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Melalui Model Pendidikan Kecakapan Hidup. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 13(1), 40–62.

Mahsun. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pers.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage.

Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429

Rahmad Setyo Jadmiko, & Evi Sri Wahyuningsih. (2023). Analisis Kemampuan Berbicara Melalui Kegiatan Presentasi Dengan Memanfaatkan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vi Sdn 1 Wajakkidul. Jotika Journal in Education, 3(1), 32–35. https://doi.org/10.56445/jje.v3i1.109

Rahmawati, E. (2016). Penerapan Terapi NLP (Neuro Linguistic Programming) untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 2 Pare. Jurnal BK., 4(3), 645–659.

Ramdani, R., Muhayyang, M., & Amri, U. (2021). Analisis Kecemasan Berbicara Mahasiswa Selama Presentasi Seminar Online. Pinisi Journal of Education, 1(1), 95–101. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/25824

Sapuan, S., Wahyuni, M., & Masrul, M. (2023). Analisis Keterampilan Berbicara Dan Presentasi Siswa Sekolah Dasar Kelas Vi Pada Pembelajaran Tematik. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4129–4140. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7257

Published
2025-06-06
Section
Articles