Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Dini

  • Rista Ade Supriani Universitas Negeri Padang
  • Ismaniar Ismaniar Universitas Negeri Padang
Keywords: Kekerasan Seksual, peran keluarga, peran masyarakat dan sekolah

Abstract

Tulisan ini di latar belakangi oleh maraknya kasus kekerasan seksual yang terjadi pada anak usia dini. Pertumbuhan dan perkembangan anak masa sekarang dan selanjutnya sangat bahaya sekali apabila anak terkena kekerasan seksual. Untuk itu, adanya upaya pencegahan yang dapat dilakukan  baik dalam keluarga, masyarakat maupun sekolah yaitu bekerja sama dengan baik agar tidak terjadinya kekerasan seksual pada anak. Tulisan ini bertujuan  untuk mengetahui bagaimana peran keluarga, masyarakat dan sekolah dalam upaya mencegah kekerasan seksual pada anak usia dini. Metode penulisan yaitu menggunakan studi kepustakaan dengan berbagai sumber referensi yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas oleh penulis. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa peran keluarga, masyarakat dan sekolah sangat berpengaruh pada kehidupan anak karena mampu mencegah  kekerasan seksual pada anak. Peran orang tua merupakan faktor utama bagi anak agar terhindar dari kekerasan seksual lalu lingkungan masyarakat yang peduli terhadap anak dapat menegur dan saling mengingatkan begitu juga dengan tempat sekolah anak. Maka orang tua, guru serta lingkungan tempat tinggal anak haruslah perlu diperhatikan.

References

Amalia, M. (2019). Kejahatan Kekerasan Seksual (Perkosaan) Terhadap Anak Dampak Dan Penanganannya Di Wilayah Hukum Kabupaten Cianjur. Jurnal Hukum Mimbar Justitia, 2(1), 648. https://doi.org/10.35194/jhmj.v2i1.563

Eti Rimawati, S. N. (2019). Metode Pendidikan Seks Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 20–27.

Irsyad, M. (2019). Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini : Tindakan Pendampingan dan Pencegahan. 05(01), 73–86.

Ismaniar, I. (2019). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Stimulasi Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Pendekatan Environmental Print. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

Ismaniar, I. (2020). Environmental Print Model Based on Family Stimulation Solutions Ability Reading Initial Children in the Era of Pandemic Virus Dangerous. KOLOKIUM, 8(1), 62-66.

Kristyaningsih, S. S. M. dan P. (2020). Efektivitas Edukasi Seks Terhadap Pengetahuan Seksualitas dan Cara Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Sekolah. 57–61.

Kusuma, R. T., Novta, N., Nafisah, D., & Fidiyaningrum, R. (2021). BIOGRAPH-I : Journal of Biostatistics and Demographic Dynamic Gambaran Pengetahuan tentang Kekerasan Seksual dan Mindset tentang Pendidikan Seksual Dini pada Orang Tua dan Guru TK Al-Amien Kabupaten Jember Description of Knowledge about Child Sexual Abuse. 1(1).

Ligina, N. L., Mardhiyah, A., & Nurhidayah, I. (2018). Peran Orang Tua Dalam Pencegan Kekerasan Seksual Pada Anak Sekolah Dasar Di Kota Bandung. Http://Ejournal.Umm.Ac.Id/Index.Php/Keperawatan/Article/View/5454, 9, 109–118.

Miranti, A., & Sudiana, Y. (2021). Pelecehan Seksual Pada Laki-Laki Dan Perspektif Masyarakat Terhadap Maskulinitas (Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough). Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 7(2), 261–276.

Noeratih, S. (2016). Peran Orang Tua Terhdap Pendidikan Seks untuk anak usia 4-6 tahun (studi dekriptif di desa wankaya kecamatan gunung jati kabupaten cirebon jawa barat ) (Vol. 85, Issue 1). Universitas Negeri Semarang.

Nurani, Y. (2019). Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Cv.CAMPUSTAKA.

Rante, S. O. (2017). Gambaran Peran Orang Tua Terhadap Pencegahan Sexual Abuse Pada Remeja Usia 13-18 Tahun Di Dusun Nologaten Kabupaten Sleman. Jenderal Achmad Yani.

Saydam, S. (2016). Kesadaran orangtua tentang kekerasan seksual pada anak usia dini di tk rawdah kids dernegi, istanbul turki. https://lib.unnes.ac.id

Septiani, R. D. (2021). Pentingnya Komunikasi Keluarga dalam Pencegahan Kasus Kekerasan Seks pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 50–58. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/40031

Situmorang, P. R. (2020). Pengaruh Pendidikan seks anak usia prasekolah dalam mencegah kekerasan seksual. Jurnal Masohi, 01, 82–88.

Sudarsana, I. W. M. I. K. (2018). Pendidikan Karakter untuk AUD. Jayapangus Press.

Yafie, E. (2017). Peran Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4, 18–30.

Published
2022-12-30
Section
Articles