Manajemen Program Pelatihan Komputer Di LKP Lautan Cendikia Mulia Global Academy

  • Nahda Almas Ainiyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Suherman Suherman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Dadan Darmawan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Perencanaan, pelaksaan, evaluasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Manajemen Program Pelatihan Komputer Di LKP Lautan Cendikia Mulia Global Academy Kota Tangerang. Jenis penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Dalam menganalisis data digunakan Tahap Reduksi, Penyajian Data, Tahap Verifikasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa; Dalam perencanaan program, terlihat bahwa proses perencanaan dirancang dengan cermat dan terstruktur, mengikuti langkah-langkah mulai dari Analisis Kebutuhan Pelatihan hingga Menyiapkan Sarana dan Prasarana. Pelaksanaan program mencakup pengajaran dasar pengoperasian komputer dengan fokus pada Microsoft Word dan keterampilan komunikasi. Instruktur non-ASN dengan sertifikat kompetensi berperan penting dalam memastikan pelatihan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Meskipun dihadapi tantangan dalam komitmen peserta, strategi pemberian praktek atau simulasi berhasil mengatasi kendala tersebut. Evaluasi program dilakukan melalui tes praktik simulasi pelatihan komputer, menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan peserta, bahkan beberapa di antaranya telah mencapai kesuksesan sebagai pelaku usaha mandiri di bidang komputer. Evaluasi dampak dan pemberian sertifikat memberikan gambaran menyeluruh tentang kontribusi program terhadap perkembangan karier peserta. Penelitian ini menyoroti keberhasilan Manajemen Program Pelatihan Komputer di LKP Lautan Cendikia Mulia Global Academy Kota Tangerang, sambil memberikan landasan untuk rekomendasi perbaikan dan pengembangan di masa mendatang.

References

Andzarini, N., & Sutarto, J. (2020). Management of Computer Operator Training Advanced Level. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 158–173.

Anwas, O. M. (2013). Pengaruh Pendidikan Formal, Pelatihan, dan Intensitas Pertemuan terhadap Kompetensi Penyuluh Pertanian. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(1), 50–62. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i1.107

Darmawan, D., & Rawita, I. S. (2020). Penanaman Nilai-nilai Nasionalis pada Warga Belajar Kejar Paket C Kota Tangerang Selatan Banten. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(1), 83–87.

Hadiningrat, J. K., Rustandi, Tiong, P., & Dewi, S. R. (2023). Manajemen Pelatihan. CV Pradina Pustaka Grup.

Hakim, A. R. (2015). Manajemen Pelatihan Komputer Dalam Program Corporate Social Responsibility Pt. Telkom Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Masyarakat Di Broadband Learning Center Taman Prestasi Surabaya. J+ Plus Unesa, 4(1).

Herwina, W. (2021). Analisis Model-Model Pelatihan. In CV. Bayfa Cendekia Indonesia. CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Irianto, J. (2001). Prinsip-prinsip Dasar Manajemen Pelatihan (Dari Analisis Kebutuhan Sampai Evaluasi Program Pelatihan). Insani Cendekia.

Jannah, D. E. N. (2016). Manajemen Pelatihan Di Lembaga “Cristal Indonesia Manajemen.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 5(1).

Mahmudah, N. (2016). Pemahaman Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Ar- Rum Te rhadap Program Penjaminan Mutu. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mamduh, H. (2015). Konsep Dasar dan Perkembangan Teori Manajemen. In Manajemen. Universitas Terbuka.

Setiawan, H. (2018). Manajemen Pelatihan. Jurnal Aktualita, 9(1), 32–47.

Sudrayat, Y. (2018). Manajemen Pelatihan. Jurnal Aktualita, 9, 32–47.

Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pelatihan. Pustaka Pelajar.

Wulandari, F. (2016). Manajemen Pelatihan Di Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Timur. Universitas Negeri Jakarta.

Published
2023-12-23
Section
Articles