Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kurikulum Merdeka Belajar

  • Neliwati Neliwati Universitas Islam Negri Sumatra Utara Medan
  • Azra Humaira Universitas Islam Negri Sumatra Utara Medan
  • Fatin Syahirah Universitas Islam Negri Sumatra Utara Medan
  • Salwa Nabila Damanik Universitas Islam Negri Sumatra Utara Medan
Keywords: Peran kepala sekolah, pengembangan kurikulum merdeka

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran kepala sekolah dalam mengembangkan kurikulum merdeka belajar di MTs. YP. ummul quraa, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif menggunakan kualitatif. Data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengembangan sistem instruksional untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ini bertujuan untuk mendorong terciptanya lingkungan belajar yang memberi keleluasaan kepada siswa untuk menjadi subyek dan bagian dari agen perubahan dalam proses pembelajaran. Metode pengembangan yang digunakan meliputi administrative, pendekatan, pemecahan masalah. Kepala sekolah memiliki peran penting dalam mendorong kemerdekaan belajar siswa. Hal ini meliputi memberikan keleluasaan kepada siswa untuk menjadi subyek dan bagian dari agen perubahan dalam proses pembelajaran.  Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan model pembelajaran modern yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran di sekolah.

References

Angga, dkk. 2022. “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu, 6 (4), 5877–5889.

Asmui, A., Sudirman, S., & Sridana, S. 2019. “Peran Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru”. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 4(1), 61–66.

Nazia, Ayang Mita & Kasja Eka Waluyo. 2022. “Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan”. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4 (4), 4512–4522.

Nazir, Moh. 2009. Metodologi Penelitian. (Jakarta: Ghalia Indonesia). Hlm 54.

Rahayu, Restu dkk. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak”. Jurnal Basicedu, 6 (4), 6313–6319.

Ramadina, Evy. 2021. “Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar”. Mozaic Islam Nusantara, 7 (2), 131-142.

Salim dan Syahrum. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: Citapustaka Media). Hlm. 41.

Sirojuddin, Akhmad dkk. 2021. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru”. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(2).

Published
2023-12-28
Section
Articles