Analisis Tingkat Kognitif Soal Sumatif Akhir Semester 1 IPAS Kelas 4
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis tingkat kognitif soal Sumatif Akhir Semester 1 IPAS kelas 4 tahun ajaran 2023/2024 Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Data pada penelitian ini yaitu level kognitif butir soal IPAS. Sumber data pada penelitian ini yaitu butir soal Sumatif Akhir Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024 Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2023. Data pada penelitian ini dianalisis tingkat kognitifnya melalui kata kerja operasional yang digunakan pada setiap butir soal berdasarkan taksonomi bloom revisi yang kemudian disimpulkan dalam bentuk presentase pada tingkat kognitif. Hasil penelitian ini adalah persentase tiap tingkat kognitif yaitu tingkat kognitif C1 terdapat 27%, untuk tingkat kognitif C2 yakni 33%, sedangkan tingkat kognitif C3 yakni 40%, tingkatan kognitif C3 menjadi kontributor terbanyak tingkat kognitif pada soal Sumatif Akhir Semester 1 IPAS kelas 4 tahun ajaran 2023/2024 Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Sedangkan C4, C5, dan C6 tidak terdapat pada soal Sumatif Akhir Semester 1 IPAS kelas 4 tahun ajaran 2023/2024 Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Hasil tersebut menunjukkan persebaran tingkat kognitif yang tidak merata dan dominan pada tingkat kognitif C3.
References
Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 4(02), 67–75. e: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual
Cepi Barlian, U., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). View of IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN.pdf.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Firmanzah, D., & Sudibyo, E. (2021). Implementasi Asesmen Diagnostik Dalam Pembelajaran Ipa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp/Mts Wilayah Menganti, Gresik. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 165–170. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Fuadi, T. R. (2021). ANALISIS SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) SEMESTER GENAP TAHUN 2020 PADA PEMBELAJARAN DARING KIMIA KELAS XI BERDASARKAN RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM REVISI. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Handayani, L., Harsiati, T., & Mashfufah, A. (2022). Analisis Level Kognitif Soal Pas 1 Ipa Pada Upt Sp Sdn Karangtengah 3 Kota Blitar. 3(2), 256–262. ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/jige
Jannah, I. K., Mahanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Analisis Tingkat Kognitif Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester I (ASAS I) IPA Berbasis Jenis Soal AKM berdasarkan Taksonomi Bloom di Kelas V SD Swasta Kota Malang. 6(Asas I), 806–810. jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B SDN Kunciran 5 Tanggerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 48–62. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Rahmaniar, E., Maemonah, M., & Mahmudah, I. (2021). Kritik Terhadap Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 531–539. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1952
Suharman, A., & Ramadhona, R. (2020). ANALISIS SOAL-SOAL UJI KOMPETENSI PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SMA KELAS XI. 1(1), 45–50. https://doi.org/https://doi.org/10.35961/tanjak. v1i1.81
Wahyuningtyas, D., Widodo, S., & Katminingsih, Y. (2022). Analisis Tingkat Kognitif Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika Wajib Kelas X SMA/MA Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Anderson. Jurnal Cendekia, 6, 204–214. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1104
Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 2100–2112. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597.
Copyright (c) 2025 Maula Praja Ningrum, Erik Aditya Ismaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







