Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Di Bidang Pendidikan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan di Bidang Pendidikan Di Desa Kenari Kecamatan Lemito Kabupaten Pohuwato. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif, dengan pendekatan Kualitatif, dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Temuan data dilapangan menunjukan bahwa Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Di Bidang Pendidikan (Di Desa Kenari Kecamatan Lemito Kabupaten Pohuwato) sudah diimplemetasikan sesuai dengan Peraturan dari Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan (PKH) dan Buku Panduan Pedoman PKH 2021. Dilaksanakan melalui empat tinjauan indikator yaitu dari proses penetapan sasaran, pencairan dana PKH, verifikasi komitmen, dan pemuktahiran data. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi program keluarga harapan dalam bidang pendidikan sudah dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan meskipun masih ada yang perlu untuk dibenahi dan harus diperhatikan yaitu dalam proses penetapan/calon penerima PKH, dan penggunaan dana PKH
References
Kementerian Sosial Republik Indonesia. (2021). Buku Pedoman Pelaksana Program Keluarga Harapan.
Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2014:273). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D.Bandung. Alfabeta. Cet. 20.
Ufie. (2013:42). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alpabeta
							
							
