Hubungan Antara Penggunaan Smartphone dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Gorontalo.

  • Nafha Pratiwi Manto UNG
  • Misran Rahman Univeristas Negeri Gorontalo
  • Rapi Us. Djuko Univeristas Negeri Gorontalo
  • Endah Setiyowati Univeristas Negeri Gorontalo
Keywords: Smartphone, Hasil Belajar, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan smartphone dengan hasil belajar mahasisiwa Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Metode yang digunakan ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data yaitu analisis statistik deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan samrtphone memiliki hubungan dengan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan angket yang disebarkan kepada 30 responden yaitu dengan menggunakan link angket melalui google from dengan jenis angket tertutup. Hasil penelitian tersebut dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.031 dengan nilai perbandingan alpha (ɑ) sebesar 0.05, maka terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X (Penggunaan Smartphone) dengan variabel Y (Hasil Belajar). Dan juga melihat perbandingan lain dengan melihat berdasarkan nilai〖 r〗_(hitung  )(Person Correlations), dengan diketahui nilai 〖 r〗_(hitung  )untuk hubungan penggunaan smartphone (X) dengan hasil belajar (Y) sebesar 0.394 > 〖 r〗_tabel 0.361, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara variabel X (penggunaan smartphone) dengan variabel Y (hasil belajar). 

References

Budiman, Haris. 2017. Peran Teknologi Inforamsi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, Mei 2017. Lampung.

Nuryanto Hery (2012) Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi & Komunikasi (Jakarta Timur : PT. Balai Pustaka). Hlm. 1.

Sugiyono, (2015), Metode Penelitian Kuantitatif Kulitatif dan R&D, (Bandung : Alfabeta), Hlm. 80.

Sukardi (2011), “Metodologi Penelitian Pendidikan” (Jakarta : Bumi Aksara), Hlm. 149

Published
2023-02-27
Section
Articles