Pelestarian Bahasa Daerah Gorontalo Dalam Aktivitas Belajar Anak Usia Dini Di Desa Lemito Utara Kecamatan Lemito

  • Aprianto Rizki Diu Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Rahmat Universitas Negeri Gorontalo
  • Ummyssalam A.T.A Duludu Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Pelestarian, Bahasa Daerah Gorontalo, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelestarian bahasa daerah Gorontalo dalam aktivitas belajar anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Orang Tua yang memiliki anak usia dini. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman dan pelestarian nilai-nilai seni budaya dan nilai tradisional dapat dilakukan antara lain melalui penggunaan bahasa daerah di kalangan masyarakat. Akan tetapi, generasi muda sekarang cenderung kurang menguasai dan menggunakan bahasa daerah. Tulisan ini membahas pentingnya mendidik anak sejak dini menggunakan serta mencintai bahasa daerahnya. Pembelajaran bahasa daerah, dalam hal ini bahasa daerah Gorontalo kurang efektif sehingga anak tidak terampil menggunakan bahasa daerah Gorontalo.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Kristi, E. Poerwandari. 2005. Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta : LPSP3.

Mulyana,Deddy. 2003.Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma Baru Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nawawi Hadari dan Martini Mini. 2003. Penelitian Terapan. Yogyakarta : Gaja Mada University Press.

Pateda, Mansoer. 2010. Latar Belakang Bahasa. Gorontalo: siat.ung.ac.id.

Sumarsono. 2010. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda.

Published
2022-02-28
Section
Articles