Pengaruh Metode Total Physical Response (TPR) terhadap Kosakata Anak (Penelitian Eksperimen Pengenalan Bahasa Inggris di Kelompok B)

  • Selviani Universitas Negeri Gorontalo
  • Pupung Puspa Ardini Universitas Negeri Gorontalo
  • Nunung Suryana Jamin Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Total Physical Response, ; Kosakata Bahasa Inggris, anak

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode Total Physical Response (TPR) terhadap kosakata anak (penelitian eksperimen pengenalan bahasa inggris di kelompok B TK Nurul Ilmih Kabupaten Buol). Metode Penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis pre-eksperimental one group pretest- posttest designd dengan sebanyak 25 anak sebagai sampel. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan data pretest memperoleh hasil nilai rata-rata 77,52 dengan standar deviasi 5,4 dan hasil nilai rata-rata posttest 82,36 dengan standar deviasi 6,7. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan melalui uji t menunjukkan bahwa nilai Thitung 0,72 Dan nilai Ttabel adalah 1,708. Maka dapat dinyatakan H1 diterima dan tolak H0 yang berarti terdapat pengaruh penerapan metode total physical response (TPR) terhadap kosakata anak. Berdasarkan data hasil penelitian, bahwa kemampuan kosakata bahasa inggris anak lebih meningkat setelah diberikan perlakuan metode Total Physical Response (TPR), hal ini dikarenakan anak distumulasi menggunakan metode pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan meda kartu gambar yang ditunjukkan guru.

References

Abdullah, S. C., Tulung, G. J., & Rambing, R. (2020). Meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris untuk murid pendidikan anak usia dini melalui buku cerita bergambar pada kelompok B di TK Suci Castellia. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 12.

Adnyani, N. W. S. (2019). Metode total physical response (TPR) untuk pengembangan kemampuan mendengarkan dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi anak usia dini. PRATAMA WIDYA: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 3(2).

Ardini, P. P., Pahrun, H. N., & Jamin, N. S. (2020, December). Pengaruh Animasi Gambar Terhadap Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun di Kota Gorontalo. In (Webinar) Seminar Nasional Pendidikan 2020 (Vol. 1, No. 1, pp. 106-109).

Arifin, A. W., & Pauweni, A. J. (2019). Peran Guru terhadap Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.Jambura Early Childhood Education Journal, 1(2), 37-45.

Astutik, Y., & Aulina, C. N. (2017). Metode total physical response (TPR) pada pengajaran bahasa Inggris Siswa Taman Kanak-Kanak. Metode Total Physical Response (TPR) Pada Pengajaran Bahasa Inggris Siswa Taman Kanak-Kanak, 17(2), 9-23. ONLINE ISSN 2809-9168

Nugraheni, N. E., & Kristian, L. D. (2018). Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) untuk Meningkatkan Keterampilan Kosakata Bahasa Inggris bagi Siswa Tunagrahita. Jurnal Lingua Applicata, 2(1), 60-76.

Fitria, N. (2017, May). Gambaran Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 1, No. 2).

Rachmawati, R. (2013). PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK TAMAN KANAK- KANAK (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Sugiyono. 2018. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung. ALFABETA.

Sugiyono. 2019. Metode penelitian pendidikan Kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung. ALFABETA

Siming, M. S. M., Liwang, N. S., Kusumawardhani, R., Dikastuti, N. A., Zulkifli, Z., & Syamsidah, S (n.a.). Pentingnya Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini di Kelurahan Mangasa. Journal Lepa-Lepa Open, 1(1), 30-33.

Uno, H. 2021. “Perencanaan pembelajaran”. Jakarta. PT BUMI AKSARA.

Suryani, N. P. L., Utoyo, S., Jamin, N. S., & Juniarti, Y. (2021). Pengembangan E-Modul Metode Total Physical Response Dalam Mengenalkan Kosakata Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Nusa Indah, Desa Toto Utara, Kec. Tilongkabila, Gorontalo. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 6(2).

Talib, P. I. (2015). Meningkatkan Kosa kata Bahasa Inggris Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B di TK Bukit Samudera Desa Buhudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, 1(153411113).

Wahyuni, H. A. M. E. D., Resa, L. O., & Agustin, N. (2018). Pengaruh Kemampuan Berbahasa Lisan Terhadap Perkembangan Hubungan Sosial

Published
2022-09-30
How to Cite
Selviani, Pupung Puspa Ardini, & Jamin, N. S. (2022). Pengaruh Metode Total Physical Response (TPR) terhadap Kosakata Anak (Penelitian Eksperimen Pengenalan Bahasa Inggris di Kelompok B). Student Journal of Early Childhood Education, 2(2), 85 - 98. https://doi.org/10.37411/sjece.v2i2.1441

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>