Pengaruh Pemberian Reward Token Ekonomi Terhadap Disiplin Anak Usia Dini Kelompok B

  • Yarahma Matorang Mahasiswi
  • Pupung Puspa Ardini Universitas Negeri Gorontalo
  • Waode Eti Hardiyanti Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Hasil penelitian dengan jumlah sampel 15 anak ada perbedaan rata-rata antara hasil kedisiplinan pretest dengan posttest yang artinya ada pengaruh penggunaan metode token ekonomi dalam meningkatkan kedisiplinan anak ini di lihat dengan perhitungan statistic pada skor pre-test kondisi awal disiplin anak mencapai skor 18,13 atau 18,13% dari skor total bernilai 10. Nilai Post-test kemampuan disiplin anak dihasilkan skor rata-rata yaitu 31,13 atau 30,86% dari skor total 10, dengan Uji Normalitas data One-sample Kolmogorov-smirnov test dengan nilai signifikansi 0,961 > 0,05, dan hasil Uji-t 0,000. Hasil dari eksperimen yang telah di ketahui pada hasil pre-test 18,13% sedangkan hasil post-test 30,86%. Dengan demikian Kesimpulan Pengaruh yang diberikan pada pemberian metode token ekonomi dengan berdasar kan uji-t dengan menunjukan nilai probabilitas 0,0 tingkat disiplin dengan metode token ekonomi. Saran pemberian reward token ekonomi dapat menjadi solusi permasalahan yang dapat digunakan sekolah sebagai solusi alternative untuk menyelesaikan masalah yang ada pada peserta didik.

References

Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353-361.

Aulina, C. N. (2013). Penanaman disiplin pada anak usia dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36-49.

Ardini, P. P. (2015). Penerapan hukuman, bias antara upaya menanamkan disiplin dengan melakukan kekerasan terhadap anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9.

Ariani, N. A. N., & Aflahani, A. P. E. (2021). Meningkatkan Disiplin Waktu AUD Melalui Teknik Modifikasi Perilaku Token Economic Dengan Pemberian Kupon. JURNAL LENTERA ANAK, 2(02).

Ghofar, A. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 1(1), 16-35.

Hapsari, R. P. (2013). Studi Tentang Pelaksanaan Pemberian Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Kelompok-a Di TK Islam Al-Azhar 35 Surabaya (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Hasanah, U. (2018). Metode pengembangan moral dan disiplin bagi anak usia dini. Martabat, 2(1), 91-116.

Hidayah, N. (2014). Pengaruh token ekonomi untk mengurangi agresivitas pada siswa tk (Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan).

Mufidah, U. (2012). Efektivitas pemberian reward melalui metode token ekonomi untuk meningkatkan kedisiplinan anak usia dini. BELIA: Early Childhood Education Papers, 1(2).

Rahayuliana, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Reward Asyik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak di RA Nurul Hidayah Batam. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1659.

Sabartiningsih, M., Muzakki, J. A., & Durtam, D. (2018). Implementasi Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 60-77.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Tarigan, H., Jas, J., & Chairilsyah, D. PENGARUH PEMBERIAN REWARD TOKEN EKONOMI TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD KENANGA SIAK HULU. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1-11.

Verawaty, V., & Izzati, I. (2020). Hubungan Pemberian Reward terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1278-1287.

Published
2023-09-22
How to Cite
Yarahma Matorang, Pupung Puspa Ardini, & Hardiyanti, W. E. (2023). Pengaruh Pemberian Reward Token Ekonomi Terhadap Disiplin Anak Usia Dini Kelompok B. Student Journal of Early Childhood Education, 3(2), 135 - 148. https://doi.org/10.37411/sjece.v3i2.2456

Most read articles by the same author(s)