Layanan Bimbingan dan Konseling AUD Berbasis Tugas Perkembangan untuk Meningkatkan Perilaku Prososial
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui layanan BK di Kober Rabbani, Kuningan; (2) menghasilkan layanan BK berbasis tugas perkembangan untuk meningkatkan perilaku prososial yang sesuai di Kober Rabbani Kuningan. Metode penelitian: Research and Development (R&D). Subjek penelitian 10 anak. Teknik dan instrumen pengumpulan data: (1) Studi dokumenter (2) Wawancara, dan (3) angket. Analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif. Kesimpulan penelitian: (1) layanan BK di Rabbani Kuningan tidak melalui asesmen kebutuhan. Pelaksanaan layanan BK kurang memaksimalkan guru di sekolah. (2) layanan BK berbasis tugas perkembangan yang sesuai digunakan pada anak Kober Rabbani adalah layanan yang dikembangkan brerdasarkan asesmen kebutuhan anak, kondisi sekolah dan kebutuhan lingkungan (harapan guru dan orang tua).
References
ABKIN. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi : Departemen Pendidikan Nasional
Afolabi, Olukayode Ayooluwa. (2014). Psychosocial Predictors Of Prosocial Behaviour Among A Sample Of Nigerian Undergraduates. European Scientific Journal January 2014 edition vol.10, No.2 ISSN: 1857 – 7881 (Print) e - ISSN 1857- 7431
Albert, A. Paul., T. Thilagavathy., (2013). A Study on Pro-Social Behaviour and Parental Behaviour of Higher Secondary Students. International Journal of Science and Research (IJSR). ISSN (Online): 2319-7064
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta
Baron, Robert A. & Byrne, Donn. (2005). Psikologi Sosial. Jakarta : Erlangga
Borg, Walter R. & Gall, Meredith Damien. (1983). Educational Research : An Introduction. New York and London ; Longman
Dayakisni, T. & Hudaniah. (2009). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press
Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Fatimah, E. (2008). Psikologi Perkembangan Siswa. Bandung : Pustaka Setia
Gibson Robert L., & Mitchell Marianne H., (2011). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Gladding Samuel T., (2012). Konseling: Profesi yang Menyeluruh. Edisi Keenam. Jakarta: Indeks.
Juntika Nurihsan. (2011). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
King, Laura A. (2010). Psikologi Umum : Sebuah Pandangan Apresiasif. Jakarta : Salemba Humanika
Martin, DYP Sugiharto, Sukiman. (2014) Program Bimbingan dan Konseling (BK) Berbasis Tugas-Tugas Perkembangan di Taman Kanak-Kanak (TK). E-ISSN: 2502-4531. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/3621
Norton, Michael I., (2013). Prosocial Spending and Well-Being: Cross-Cultural Evidence for a Psychological Universal. Journal of Personality and Social Psycholog. American Psychological Association. Vol. 104, No. 4, 635–652
Olson, Matthew H. (2013). Pengantar Teori-teori Kepribadian, Edisi Kedelapan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Purwanto, Edi. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Bandung : Citra Umbara
Santrock, John W. (2012). Life-Span Development (Perkembangan Masa-Hidup) Edisi Ketigabelas Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Sari, Erlina Permata. (2013). Pengembangan Model Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiadrama untuk Meningkatkan Sikap Prososial. ISSN 2252-6889. http://journal.unnes.ac.id//sju/index.php/j
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Winkel & M. Sri Hastuti. (2006). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta : Media Abadi
Yusuf, Syamsu dan Juntika Nurihsan. (2010). Landasan Bimbingan & Konseling. Cetakan kelima. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yusuf, Syamsu. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizzqi Press
Copyright (c) 2020 Chitra Charisma Islami, Eva Gustiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.