Pengembangan Pengembangan Media Pembelajaran Watercolour Painting Book untuk Mengenalkan Warna Dasar dan Pencampuran Warna Pada Anak

  • Siska Ayu Lestari Siska IAIN Metro Lampung
  • Siti Kurniasih IAIN Metro Lampung
Keywords: Learning, Watercolor Painting Book, Early Childhood

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran Watercolour Painting Book dan mengetahui kelayakan media yang dikembangkan. Fokus utama penelitian ini adalah dalam pengenalan warna pada aspek perkembangan kognitif anak usia dini. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan R&D (Research and Development) yang dikombinasikan dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menganalisis kelayakan media Watercolour Painting Book oleh ahli media dan ahli materi, serta menganalisis respon guru dan uji coba terhadap peserta didik. Berdasarkan hasil pertemuan pertama persentase yang didapat oleh ahli media sebesar 70,31% dengan kriteria layak dan pertemuan kedua sebesar 87,5% dengan kriteria sangat layak. Hasil pertemuan pertama persentase yang didapat oleh ahli materi sebesar 95% dengan kriteria sangat layak dan pertemuan kedua sebesar 100% dengan kriteria sangat layak. Hasil respon guru sebesar 90,00% dengan kriteria sangat layak. Kemudian hasil penilaian pada anak sebesar 86,66% dengan kriteria sangat layak. Sehingganya dapat dikatakan bahwa pengembangan media pembelajaran Watercolour Painting Book untuk mengenalkan warna dasar dan pencampuran warna di RA Ma’arif 2 Nurul Huda Lampung Timur sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

 

References

Arifudin, O., Hasbi, I., Setiawati, E., Ma’sumah, Lestariningrum, S. A., Suyanto, A., Umiyati, Fitriana, Puspita, Y., Catur Saputro, A. N., Ma’arif, M., Harianti, R., & Hardoyo Sidik, N. A. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (1st ed.). Widina Bhakti Persada Bandung.
Fatimah, E. R. (2021). Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Komparatif Jean Piaget dan Al-Ghozali ). Jurnal Alayya, 1(1), 1–31.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (1st ed.). Tahta Media Group. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20720
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Hidayati, S. R. S. W. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Kegiatan Mencampur Warna Di TK Kehidupan Elfhaluy Tenggarong. Yaa Bunayya : Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 24. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/yby.4.1.23-37
Indra Kusumawati, D. N., Noor, A. M., Kusnadi, Wibisono, W., Setiawan, A., Kusumah, W. I., & Hernowo, P. (2023). Pembelajaran Melukis Dengan Menggunakan Media Cat Air bagi anak Sekolah Dasar di Perumahan Taman Alamanda Bekasi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(11), 114–123. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.8067565
Khoiriah, A. N., Fatmawati, F., & Gumanti, K. A. (2019). Perbedaan Perkembangan Bahasa dan Kognitif Anak Usia Prasekolah Antara Yang Mengikuti dengan Yang Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini di TK-IT Insan Permata Malang. Journal Of Issues In Midwifery, 3(2), 39–47. https://doi.org/10.21776/ub.joim.2019.003.02.4
Kurniasih, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Fun Painting Di Kelompok B Paud Nirmala Bandar Lampung. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(1), 71–88. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.1.71-88
Kurniasih, S., & Citra, A. G. (2017). Pengembangan Model Fun Painting Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Tk B Di Kota Bandar Lampung. In Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/10.21274/martabat.2017.1.1.25-44
Nityanasari, D. (2020). Alat Permainan Edukatif Pasak Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/yby.4.1.9-14
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2020). Perkembangan Kognitif Bidang Auditori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 805. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.640
Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif (P. Rais (ed.); 1st ed.). UMSIDA Press. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6674
Rasyid, H. (2018). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Gama Media.
Ratna, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Asyik Dalam Pembelajaran Mengenal Konsep Warna Pada Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1737. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1737-1746.2022
Zega, B. K., & Suprihati, W. (2021). Pengaruh Perkembangan Kognitif Pada Anak. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen), 3(1), 17–24. https://doi.org/https://doi.org/10.59177/veritas.v3i1.101
Published
2024-06-28