Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini
Abstract
Pola asuh keluarga sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak. Cara orang tua mengasuh atau mendidik anak akan mempengaruhi perkembangan kemandirian anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang tepat mengenai ada atau tidaknya pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak Kelompok B TK Bhakti Muslimin Desa Cikaso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode expost facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di TK Bhakti Muslimin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sample dengan sampel berjumlah 14 anak. Berdasarkan uji hipotesis melalui uji regresi linear sederhana diperoleh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak sebesar 39.962 dengan nilai Sig. < 001. Nilai Sig ini lebih kecil dari 0,05, maka diperoleh kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah pola asuh orang tua berpengaruh terdapat kemandirian anak di Kelompok B TK Bhakti Muslimin Desa Cikaso
References
Achmadi, A., dan Narbuko. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Eryn Ismawati, A. yudiawan. (2021). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Orang Tua DenganKepribadian Introvert Siswa di SMP Negeri 3 KabupatenSorong. PUBLIK: Publikasi Dan Bimbingan Konseling Islam, Vol. 1, No (Desember 2021), 19–32. Feldman, S. S., & Rosenthal, D. A. (1991). Age Expectations of Behavioural Autonomy
Kesuma, Dharma dkk. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kordi, A., & Baharudin, R. (2010). Parenting attitude and style and its effect on children’s school achievements. International Journal of Psychological Studies: University Putra Malaysia. 2 (2): 217-222.
Lestari, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 84-90.
Mahapatra, S., & Batul, R. (2016). Psychosocial consequences of parenting. Journal of Humanities And Social Science:Ravenshaw University, Cuttack Odisha, India. 21 (2): 10-17.
Mansyur. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pembayun, E. P., & Mudhar , M. (2022). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal consuzela : jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 5(2), 96-100. http://doi.org/10.56013/jcbkp.v5i2.1381
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD
Pratiwi, K. E. (2020). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak di sd negeri 38 kota parepare. Jurnal ilmiah manusia dan kesehatan, 3(1), 31-42.
Safdah, S., & zahrah, S.M. (2016). Impact of parenting styles on the intensity of parental and peer attacment: exploring the gender differences in adolescents. American journal of applied psychology: 4 (2): 23-30
Steinberg, L. (1993). Adolescence. McGraw-Hill International
Steinberg, L. (2002). Clinical adolescent psychology: What it is, and what it needs to be. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 70(1), 124–128. https://doi.org/10.1037/0022-006X.70.1.124
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan: kuantitatif, kualitatif dan r&d.
Bandung. Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Edisi ke 6 Cet ke XII, Jakarta: Renika Cipta.
Sukamti, E R. (2007). Diklat Perkembangan Motorik. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Sunarty, K. (2016). Hubungan pola asuh orangtua dan kemandirian anak. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(3), 152.
Susanti, D., & Ismaniar, I. (2022). Peran Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia.Education For All: Jurnal Pendidikan Masyarakat, 2(2), 1-7.
Syaodih, N. (2000). Landasan prikologi proses pendidikan. Bandung.
Rosdakarya.
Syifa, N., Rachman, A., & Asniwati, A. (2023). Kerjasama Orang tua dengan Sekolah dan Pola Asuh Orang tua Berpengaruh terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 384-397.
Terry, D.J. (2004). Inverstigating the relationship between parenting styles and delinquent behavior. McNair Schoolars Journal. 8 (1): 87-96.
Tsani, I. L., Herawati, N. I., & Istianti, T. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2).
Umairoh, S., & Ichsan, I. (2018). Perbedaan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 157-164.
Zakiyah, U. N. (2020). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Anak Usia Dini Di Ra Sunan Giri Lembah Dolopo Madiun. Skripsi, April, 1-93.
Copyright (c) 2024 Aida Dilla Wijaya, Chitra Charisma Islami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






