Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Serta dampaknya terhadap Kinerja Guru TK di Kab. Gowa

  • Juliana Selvi Univeritas Negeri Makassar
  • Mukarramah Mukarramah Univeritas Negeri Makassar
  • Muh. Fachrul Ramadhan Universitas Negeri Makassar
  • Nur Rahma Univeritas Negeri Makassar
Keywords: Gaya kepemimpinan, lingkungan kerja, path analysis, kinerja guru tk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap motivasi kerja, serta implikasinya pada kinerja guru TK di Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis jalur (path analysis) dan melibatkan 117 guru TK yang dipilih melalui survei daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja secara signifikan memengaruhi motivasi kerja. Selain itu, gaya kepemimpinan, lingkungan kerja, dan motivasi kerja memiliki dampak langsung terhadap kinerja guru. Analisis jalur mengungkap bahwa pengaruh tidak langsung dari gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja lebih besar dibandingkan pengaruh langsungnya. Temuan ini menyoroti pentingnya penerapan gaya kepemimpinan yang efektif dan penciptaan lingkungan kerja yang mendukung untuk meningkatkan motivasi serta kinerja guru. Hasil penelitian ini juga konsisten dengan studi sebelumnya yang menunjukkan hubungan signifikan antar variabel tersebut.

References

Alan Yolan Saputra, Saiyid Syeikh, A. A. (2024). Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Motivasi Serta Dampaknya pada Kinerja Pegawai di. Jurnal Manajemen Dan Sains, 9(2), 803–807. https://doi.org/10.33087/jmas.v9i2.1760

Darsono, Y. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Health Sains, 1(3), 288–302. https://doi.org/10.46799/jsa.v1i3.66

Defri Ariyanto, Etty Puji Lestari, H. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Di BPS Bengkulu. Cakrawala, 15(1), 37–48.

Helmina Sijabat, Y. (2024). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 MANDAU KABUPATEN BENGKALIS. X(1), 1–23.

Isnaini, B. N., Rachmawati, E., Cahyani, D., & Rizkawati, N. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kompensasi, Motivasi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Pragmatis, 4(2), 58. https://doi.org/10.30742/pragmatis.v4i2.3405

Istiqhoro, N., AE, E., & Noviantoro, D. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Pelatihan Terhadap Motivasi, Serta Dampaknya Pada Kinerja Guru Di Sekolah Islam Terpadu Insan Mandiri Cendekia Palembang. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 1357–1370. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2.2136

Jamaluddin, J., Dian Nisa Istofa, & Bety Suremi. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru di MA Swasta Nururrodhiyah Kota Jambi. JMiE (Journal of Management in Education), 6(2), 91–100. https://doi.org/10.30631/jmie.2021.62.91-100

Khotim Fadhli, Nurul Aminah, & Lailatus Sa’adah. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus pada Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh). MAMEN: Jurnal Manajemen, 2(2), 250–260. https://doi.org/10.55123/mamen.v2i2.1811

Marlinda, M., Zulkifli, Z., & Oktavianti, O. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Komunikasi Motivasi Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(09), 3523–3534. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i09.1138

Maryati, T. (2022). the Effect of Work Discipline, Work Environment and Motivation on the Performance of Elementary School Teachers, Sumowono District, Semarang Regency. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi, 1, 8–19.

Pujiantoro, A. A., Suroso, & Anggela, F. P. (2024). AThe Influence Of Work Environment And Work Motivation On The Performance Of SMPN 2 Cikampek Teachers. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 5744–5754. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Putu Siti Firmani , I Ketut Sudana, I. D. G. K. W. (2024). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA, SERTA MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN LPD DESA KESIMAN. Jurnal Satyagraha, 15(1), 72–86. https://doi.org/10.25130/sc.24.1.6

Rio, R. A., Dewi, D. N., & Lina, L. W. (2023). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Masa Pandemi Covid 19. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5178–5190. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8581

Riza Fahlepi, Saiyid Syekh, S. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 9(2), 1078–1088. https://doi.org/10.33087/jmas.v9i2.2037

Situmorang, L. S., Siagian, H., & Pelawi, P. (2023). Pengaruh Kompensasi, Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 13(2), 140–154. https://doi.org/10.55601/jwem.v13i2.1017

Syeikh, S., MS, M. Z., & Pamungkas, B. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi, Terhadap Motivasi serta Dampaknya pada Kinerja Guru Madrasah Aliyah. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 8(1), 607. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v8i1.1600

Wiguna, I. B. A. A. (2021). Pelatihan Dan Pengembangan Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 533. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.4798

Yuli Andari, Masrina Rambe, M. (2024). MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2, 52–59.

Published
2025-07-30