Pengaruh Pemberian Reward Melalui Metode Token Ekonomi Terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini Kelompok A

  • Rosalina Dewi Arlusi Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Reward;Token Ekonomi;minat belajar;anak usia dini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward melalui metode token ekonomi terhadap minat belajar anak usia dini kelompok A. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen (One group pretest-posttest design). Populasi penelitian ini berjumlah 16 anak, Sampel dalam penelitian adalah anak kelompok A di PAUD Melati Desa Gonggong, Kecamatan Banggai Tengah, Kabupaten Banggai Laut yang berjumlah 16 anak. Teknik analisis hasil data dilakukan dengan cara olah data statistik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil pre-test memperoleh nilai rata-rata 19,06 dan standar deviasi 2,88. Sedangkan data post-test memperoleh nilai rata-rata 32,68 dan standar deviasi 3,38. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan hasil uji t pada (α) = 0,05 diperoleh ttabel = 2,120 kemudian diperoleh nilai thitung = 18,675. Jadi thitung > ttabel ; 18,675 > 2,120 dengan kata lain thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan diterima maka hipotesis diterima artinya terdapat pengaruh pemberian reward melalui metode token ekonomi terhadap minat belajar anak usia dini kelompok A di PAUD Melati Desa Gonggong Kecamatan Banggai Tengah Kabupaten Banggai Laut.

 

References

References
Amilnilngtyas, M., & Dwil Wardhanil, J. (2023). Hubungan Milnat dan Motilvasil Bellajar Belrbasils Portal Rumah Bellajar telrhadap Hasill Bellajar Kogniltilf Anak. Murhum : Jurnal Pelndildilkan Anak Usila Dilnil, 4(1), 590–601. https://doil.org/10.37985/murhum.v4il1.268
Astaril, T., Nur Ailsyah, S., & Andilka Saril, D. (2020). Tanggapan Guru Paud Telntang Pelmbelrilan Relward Dan Pelngaruhnya Telrhadap Motilvasil Bellajar Dan Pelrkelmbangan Sosilal Elmosilonal Anak Usila Dilnil. JElCIlElS: Journal of Elarly Chilldhood Ilslamilc Elducatilon Study, 1(2), 141–155. https://doil.org/10.33853/jelcilels.v1il2.90
Feblyna, T., & Wirman, A. (2020). Penggunaan Reward untuk Meningkatkan Pembiasaan Disiplin Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1132–1141. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/576
Lucilana, C. V. (2018). Pelranan Orang Tua dan Milnat Bellajar. Bunga Rampail Usila Elmas, 1(1), 37–44.
Laella, A., & Aprilantil, El. (2019). Melnilngkatkan Milnat Bellajar Anak Mellaluil Meltodel Belrmailn Melnggunakan Alat Pelrmailnan Eldukatilf (Apel) Dil Kellompok B Tk Pellilta Cilcelndo Bandung. CElRIlA (Celrdas Elnelrgilk Relsponsilf Ilnovatilf Adaptilf), 2(6), 295. https://doil.org/10.22460/celrila.v2il6.p295-301
Maharanil, El., Oktamarilna, L., & Mardellil, M. (2023). Pelngaruh Pelmbelrilan Relward Telrhadap Motilvasil Bellajar dil TK Nelgelril Pelmbilna Delsa Tanah Abang Utara Kabupateln Palil. Ilnnovatilvel: Journal Of Socilal Scilelncel Relselarch, 3(6), 5624–5634.
Nadar, W., Maharani, T., Shartika, S., Negara, S. K., Negara, S. K., & Negara, S. K. (2019). PENERAPANAN METODE PEMBIASAAN TOKEN ECONOMY. Intruksional, Volume 1, Nomer 1, Oktober 2019, 1(1), 56–65.
O Najoan, R. A., Lala, W. C. Il., & Ratunguril, Y. (2023). Pelran Guru Selbagail Motilvator Dalam Melnilngkatkan Milnat Bellajar Silswa. Jurnal Pelndildilkan Ilndonelsila, 4(03), 215–227. https://doil.org/10.59141/japelndil.v4il03.1632
Patmawati, S., Oktaviana, R., & Sujarwo, S. (2022). Pembentukan Kepercayaan Diri Anak Dengan Metode Token Ekonomi di Desa Banding Agung. 5(2), 270–277.
Ramadhani, J. S., & Aulia, P. (2020). Keunggulan Token Economy untuk Meningkatkan Perilaku Antri pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 1111–1119.
Salsabila, P., Daulay, Z. Z., Zairina, N., Islam, U., & Sumatera, N. (2023). Peran Reward and Punishment Dalam Meningkatkan. 5. https://www.smartkids.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/smartkids/article/download/124/88
Vilnayastril, A., Masykuroh, K., Filtrilanil, El., & Anugelrahwaty, R. (2019). Analilsils Pelngaruh Pelndelkatan Sailntilfilk dan Pelmbelrilan Relward telrhadap Pelrkelmbangan Anak Usila Dilnil. JPP PAUD FKIlP Untilrta, 6(1), 11–20.
Published
2025-02-06