Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Mengingat Anak Kelompok B
Keywords:
Media AudioVisual, Kemampuan Mengingat, Anak Usia Dini
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media AudioVisual Terhadap Kemampuan Mengingat Anak Kelompok B Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen (One group pretest-posttest design). Populasi penelitian ini berjumlah 45 anak, Sampel dalam penelitian adalah anak kelompok B1 usia 5-6 tahun di TK Dewi Sartika Kel.Molosipat U Kec.Sipatana Kota Gorontalo yang berjumlah 12 anak. Teknik analisis hasil data dilakukan dengan cara olah data statistik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil pre-test memperoleh nilai rata-rata 13,92 Sedangkan data post-test memperoleh nilai rata-rata 25,42. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan hasil uji t pada nilai signifikan Diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 , maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan diterima maka hipotesis artinya terdapat Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Mengingat Anak Kelompok B Di TK Dewi Sartika Kel.Molosipat U Kec.Sipatana Kota Gorontalo.Kata Kunci:Media AudioVisual, Kemampuan Mengingat, Anak Usia Dini
References
Aisyah. 2021. “Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Daya Ingat Anak Kelompok B.” Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(01): 22–25..
Amalia, D, & Aulina. 2024. “Peningkatkan Kemampuan Konsentrasi Belajar Melalui Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual.” Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran 4(1): 431–47..
Awalunisah, S, Setianingsih, & Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2023. “Pengembangan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini".JAMBURA Early Childhood Education Journal (5): 143 60.
Azminah, N, Citrasukmawati, & K. 2023. “Penerapan Pembelajaran STEAM Dalam Eksperimen Air Dan Energi Panas Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Pendahuluan Perkembangan Merupakan Suatu Istilah Yang Tidak Asing” JAMBURA Early Childhood Education Journal: 40–56.
Azzahra & Dinda. 2024. “Pengaruh Pemanfaatan Audio Visual Pembelajaran Al- Qur ’ an Melalui Media Smart Hafidz Terhadap Kognitif Pada Anak Usia Dini.” 2(1): 64–76.
Claudia, K, Adib, & Fitri. 2022. “Pengaruh Penerapan Metode Mnemonik Terhadap Daya Ingat Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Amanah Sekayu.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(5): 1534–39.
Devianti, R,Sari, & B. 2020. “Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini.” Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling 03(02): 67–78.
Dyramoti, M, & Wahyuningsih. 2022. “Pengaruh Aktivitas Bernyanyi Terhadap Daya Ingat, Motivasi Belajar, Dan Kreativitas Anak Di TK Methodist Jakarta Utara.” Jurnal PAUD Agapedia 6(2): 197–208.
Fatmawati, R, Sulaeman, & Pramanik. 2020. “Pengaruh Penggunaan Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mengingat Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini.” WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3(2): 79–94
Gabriela & Novika Dian Pancasari. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1): 104–13.
Hajar, Siti, & Pratiwi. 2024. “Pengaruh Game Edukasi Untuk Meningkatkan Motivasi Mengaji Di TPQ Khoiru Ummah Mataram.” Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT) 4(1): 1–5.
Harahap & Ayunda Zahroh. 2021. “Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Usia Dini 7(2): 49.
Haryani, Sri, & Sari. 2021. “Efektifitas Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di Masa Pembelajaran Jarak Jauh.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(2): 4365–4572.
Khadijah, Arlina, & Rahmadani. 2021. “Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Di RA Amanah Amaliyah.” Jurnal Raudhah 9(1): 1–16.
Lafendry & Ferdinal. 2023. “Teori Pendidikan Tuntas Mastery Learning Benyamin S Bloom.” Tarbawi : Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam 6(1): 1–12.
Maarang, Hasibuan, & Nurul. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Dengan Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Bahasa Dan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun.” 5(1): 621–35. doi:10.37985/murhum.v5i1.630.
Mutayasiroh Khamidatul & Siti. 2021. “Komparasi Media Audio-Visual Dan Media Kartu Pembelajaran Bahasa Arab.” An-Nuqtah Journal of Education & Community Service 1(1): 25–29.
Nafiati & Dewi Amaliah. 2021. “Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik.” Humanika 21(2): 151–72.
Novianti, L, Taopik , & A. 2022. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Zepeto Untuk Meningkatkan Daya Ingat Kognitif Anak Usia Dini.” JDPK: Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(4): 3748–51.
Herma Yunaili & Riyanto 2020. " Penerapan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dan Daya Ingat Anak.“1) , 2) 1).” 10(2).
Yulfaridah Eka Ariani. 2024. “Pengaruh Metode Mnemonic Dalam Meningkatkan Daya Ingat Anak Usia Dini Di Tk Dharma Wanita Iii.”.
Sanusi, A, & Khaerunnisa,S.2022. “Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Kebeijakan Nasionalt. Jurnal Al-Ilm, 4(20), 33–48
Saragih, A, Ira Suryani, & A. 2024. “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial, Jujur, Dan Tanggung Jawab Untuk Anak Usia Dini.” Aulad: Journal doi:10.31004/aulad.v7i1.600. on Early Childhood 7(1): 115–22.
Shofia, Maghfiroh, & Dadan. 2021. “Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Di Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Tambusai 05(01): 1560–61.
Sumarni, S,&Chotimah,2023" Analisis Kebutuhan Kemampuan Mengingat Anak Usia Dini Menggunakan Audio Visual Lantunan Asmaul Husna" Universitas Sriwijaya, Pendidikan Anak, Usia Dini, Universitas Sriwijaya, et al 7(2): 211 20. doi:10.29313/ga.
Sumiati, Ni Ketut, & Tirtayani. 2021. “Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual Terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 9(2): 220.
Retni Wulandari 2021. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dalam
Amalia, D, & Aulina. 2024. “Peningkatkan Kemampuan Konsentrasi Belajar Melalui Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual.” Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran 4(1): 431–47..
Awalunisah, S, Setianingsih, & Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2023. “Pengembangan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini".JAMBURA Early Childhood Education Journal (5): 143 60.
Azminah, N, Citrasukmawati, & K. 2023. “Penerapan Pembelajaran STEAM Dalam Eksperimen Air Dan Energi Panas Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Pendahuluan Perkembangan Merupakan Suatu Istilah Yang Tidak Asing” JAMBURA Early Childhood Education Journal: 40–56.
Azzahra & Dinda. 2024. “Pengaruh Pemanfaatan Audio Visual Pembelajaran Al- Qur ’ an Melalui Media Smart Hafidz Terhadap Kognitif Pada Anak Usia Dini.” 2(1): 64–76.
Claudia, K, Adib, & Fitri. 2022. “Pengaruh Penerapan Metode Mnemonik Terhadap Daya Ingat Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Amanah Sekayu.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(5): 1534–39.
Devianti, R,Sari, & B. 2020. “Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini.” Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling 03(02): 67–78.
Dyramoti, M, & Wahyuningsih. 2022. “Pengaruh Aktivitas Bernyanyi Terhadap Daya Ingat, Motivasi Belajar, Dan Kreativitas Anak Di TK Methodist Jakarta Utara.” Jurnal PAUD Agapedia 6(2): 197–208.
Fatmawati, R, Sulaeman, & Pramanik. 2020. “Pengaruh Penggunaan Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mengingat Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini.” WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3(2): 79–94
Gabriela & Novika Dian Pancasari. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1): 104–13.
Hajar, Siti, & Pratiwi. 2024. “Pengaruh Game Edukasi Untuk Meningkatkan Motivasi Mengaji Di TPQ Khoiru Ummah Mataram.” Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT) 4(1): 1–5.
Harahap & Ayunda Zahroh. 2021. “Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Usia Dini 7(2): 49.
Haryani, Sri, & Sari. 2021. “Efektifitas Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di Masa Pembelajaran Jarak Jauh.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(2): 4365–4572.
Khadijah, Arlina, & Rahmadani. 2021. “Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Di RA Amanah Amaliyah.” Jurnal Raudhah 9(1): 1–16.
Lafendry & Ferdinal. 2023. “Teori Pendidikan Tuntas Mastery Learning Benyamin S Bloom.” Tarbawi : Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam 6(1): 1–12.
Maarang, Hasibuan, & Nurul. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Dengan Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Bahasa Dan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun.” 5(1): 621–35. doi:10.37985/murhum.v5i1.630.
Mutayasiroh Khamidatul & Siti. 2021. “Komparasi Media Audio-Visual Dan Media Kartu Pembelajaran Bahasa Arab.” An-Nuqtah Journal of Education & Community Service 1(1): 25–29.
Nafiati & Dewi Amaliah. 2021. “Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik.” Humanika 21(2): 151–72.
Novianti, L, Taopik , & A. 2022. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Zepeto Untuk Meningkatkan Daya Ingat Kognitif Anak Usia Dini.” JDPK: Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(4): 3748–51.
Herma Yunaili & Riyanto 2020. " Penerapan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dan Daya Ingat Anak.“1) , 2) 1).” 10(2).
Yulfaridah Eka Ariani. 2024. “Pengaruh Metode Mnemonic Dalam Meningkatkan Daya Ingat Anak Usia Dini Di Tk Dharma Wanita Iii.”.
Sanusi, A, & Khaerunnisa,S.2022. “Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Kebeijakan Nasionalt. Jurnal Al-Ilm, 4(20), 33–48
Saragih, A, Ira Suryani, & A. 2024. “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial, Jujur, Dan Tanggung Jawab Untuk Anak Usia Dini.” Aulad: Journal doi:10.31004/aulad.v7i1.600. on Early Childhood 7(1): 115–22.
Shofia, Maghfiroh, & Dadan. 2021. “Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Di Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Tambusai 05(01): 1560–61.
Sumarni, S,&Chotimah,2023" Analisis Kebutuhan Kemampuan Mengingat Anak Usia Dini Menggunakan Audio Visual Lantunan Asmaul Husna" Universitas Sriwijaya, Pendidikan Anak, Usia Dini, Universitas Sriwijaya, et al 7(2): 211 20. doi:10.29313/ga.
Sumiati, Ni Ketut, & Tirtayani. 2021. “Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual Terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 9(2): 220.
Retni Wulandari 2021. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dalam
Published
2025-02-06
Section
Articles
Copyright (c) 2025 ekaseptiani husain

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






