Pengaruh Aplikasi Tiktok Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di Tk Baturapa

  • Agnes Tasya Nani Universitas Negeri Gorontalo
  • Wenny Hulukati Universitas Negeri Gorontalo
  • Rapi S Djuko Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Aplikasi Tiktok, Motorik Kasar Anak Usia Dini, Taman Kanak – Kanak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Aplikasi Tiktok Terhadap Perkembangan Motorik Kasar  Anak Usia Dini Di Tk Baturapa Desa Langi Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan bentuk one Group pret-test & post-test design. Hasil penelitian dengan jumlah sampel 16 anak menunjukkan ada nya perbedaan besaran rata – rata dari hasil pre-test dan post-test sebesar 9,1 dan 13,7. Adapun hasil uji hipotesis menunjukkan hipotesis (Hi) diterima dengan uji regresi linier nilai signifikan 0,000 dan <0,05. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan aplikasi tiktok terhadap perkembangan motorik kasar  anak usia dini di tk baturapa desa langi kecamatan bolangitang barat kabupaten bolaang mongondow utara

 

References

Agustyn, Izza Nabilah, S. (2022). Dampak Media Sosial (TIK-TOK) Terhadap Karakter Sopan Santun.

Baan, A. B., Rejeki, H. S., & Nurhayati, N. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Bungamputi, 6(1).

Cahyati, N. (2023). Aplikasi Media Sosial Tik Tok Terhadap Perilaku Anak. Jurnal Pelita PAUD, 8(1), 201-209.

Farida, A. (2016). Urgensi perkembangan motorik kasar pada perkembangan anak usia dini. Jurnal Raudhah, 4(2).

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal golden age, 2(01), 01-12.

Kamtini, Motorik Kasar Anak Usia Dini, Medan: Media Persada, 2014.

Alfatihaturrohmah, A., Mayangsari, D., & Karim, M. B. (2018). Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di Tk X Kamal. Jurnal Pg-Paud Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 101–109. Islam, U., & Sumatera, N. (2024). 3 . 1,2,3,. 6(2), 118–134.

Marino, S. S. N., Sutisna, I., & Laiya, S. W. (2023). Pengaruh Permainan Gatrik terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak. Jambura Early Childhood Education Journal, 5(2), 234–250.

Kaya, N. K. (2020). Pengembangan Bicara Anak melalui Media Visual. Jambura Early Childhood Education Journal, 2(2), 85–92.

Yuliani, S., Hasna, W. O., & ... (2022). Hubungan Antara Percaya Diri dengan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di Kelurahan Tampo Kabupaten Muna. Jambura Early Childhood …, 4, 53–63.

Karim, I. K., Juniarti, Y., & Arifin, I. N. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak. Jurnal Raudhah, 10(2), 64–72.

Rifani, H., Rachmayani, I., & Astini, B. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri 2 Peteluan Indah Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2119-2124.

Rahajeng, Rinta Setyo (2022) Pengaruh Aplikasi Tiktok Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Kabupaten Magetan. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Saripudin, A. (2019). Analisis tumbuh kembang anak ditinjau dari aspek perkembangan motorik kasar anak usia dini. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114-130

Sartika, I. D., Kusyairy, U., & Rapi, M. (2021). Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar di Masa Pandemi Covid-19 Usia 5-6 Tahun. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 4(1), 42-52.

Published
2025-07-30