Pengaruh Kegiatan Mendongeng terhadap Kemampuan Menyimak pada Anak
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui kegiatan mendongeng dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada anak di Tk Sekawan Desa Pentadio Barat. Untuk mengetahui pengaruh kegiatan mendongeng terhadap kemampuan menyimak pada anak di Tk Sekawan Desa Pentadio Barat Kecamatan Telaga Biru kabupaten Gorontalo. Untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada anak di Tk Sekawan Desa Pentadio Barat menggunakan media buku dongeng. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitaitf yang dilaksanakan secara rutin dua kali seminggu. Setiap pertemuan guru memilih cerita yang relevan. Subjek dalam penlitian ini adalah siswa kelas B Tk Sekawan Desa Pentadio Barat dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 15 anak laki-laki dan 19 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan menyimak anak sebelum di terapkannya kegiatan mendongeng adalah sebesar 19.08. Sebagian besar anak yakni 75% berada pada kategori cukup, dan mengalami peningkatan pada kemampuan menyimak melalui kegiatan mendongeng memperoleh rata-rata nilai 83.33 dengan mayoritas anak-anak berada dalam kategori Baik Sekali.
References
Anggraini, Vivi. "Stimulasi keterampilan menyimak terhadap perkembangan anak usia dini."
Anggraini, V. (2019). Stimulasi keterampilan menyimak terhadap perkembangan anak usia Munar (2021)dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30-44.
Abidin, Yunus. Strategi mendongeng kreatif, cerdas, dan edutaimen. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2018, 4.1
Budyawati, Luh Putu Indah, and Wiwin Hartanto. "Implementasi Metode Bermain Peran Untuk Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Di Paud Sekarwangi Desa Bangorejo Banyuwangi 2017." Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial 11.2 (2017): 24-32.
Choirunnisa, Indah, Linda Rahma Dhani Saputri, and Cahyo Hasanudin. "Urgensi Menyimak Pasif di Kalangan Masyarakat dalam Menghadapi Era Digital." Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran 2.2 (2023): 79-84.
Dini, Jurnal Pendidikan Anak Usia. "Strategi Guru dalam Pembelajaran Holistik pada Pendidikan Anak Usia Dini." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6.3 (2022): 1429-1438
Dini, J. P. A. U. (2022). Pengembangan bahan ajar kreativitas seni rupa anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3714-3726.
DINI, J. P. A. U. Analisis kegiatan mendongeng dalam meningkatkan perkembangan nilai moral anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2022, 6.2: 903.
ERNILASARI, Ika; KHOLISAH, Umi Nur; HASANUDIN, Cahyo. Strategi Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Sekunder Mahasiswa pada Kurikulum Merdeka. In: Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran. 2023. p. 285-293.
FEBRIANTI, RISTA DWI. PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. 2024. PhD Thesis. Universitas PGRI Madiun.
Hidayanti, Ananda Rizki. "Menyimak ekstensif." (2019).
Hasriani, S. Pd. Terampil menyimak. Indonesia Emas Group, 2023.
Luthfiah, J., & Wijayanto, A. (2021). Pengaruh Dongeng Melalui Media Digital Youtube Dan Zoom Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Tk Negeri Pembina Kota Mojokerto. Jurnal Golden Age, 5(2), 365-377.
Laia, A. (2020). Menyimak efektif. Penerbit Lutfi Gilang.
NURHAYANI, Isma. Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal
Ragil, Yoga Aditia, Sri Martini Meilani, and Zarina Akbar. "Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4.2 (2020): 567-574.
RETYUNINGSIH, Retyuningsih; ALIYAH, Nur; FITRI, Aprilia Wahyuning. Pengaruh Permainan Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Journal on Teacher Education, 2023, 4.3: 74-84.
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3.1 (2019): 30-44.
Rukiyah, R. (2018). Dongeng, mendongeng, dan manfaatnya. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(1), 99-106.
ROSDIA, Rosdia. Peningkatan kemampuan menyimak melalui metode mendongeng siswa kelas VI SDN Sese. Jurnal Kreatif Tadulako, 2010, 4.8: 110271.
ROSDIA, Rosdia. Peningkatan kemampuan menyimak melalui metode mendongeng siswa kelas VI SDN Sese. Jurnal Kreatif Tadulako, 2010, 4.8: 110271.
Septya, Jelita Dwi, et al. "Pembelajaran menyimak berbasis pendidikan karakter." Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE) 1.3 (2022): 365-368.
SHOFWAN, Arif Muzayin Shofwan. Manfaat Dan Tujuan Mendongeng Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Tila (Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal), 2022, 2.2: 270-280.
SORRAYA, Artifa; YUNITA ANAS, S. Menyimak apresiatif. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2021.
Syahputri, A. Z., Della Fallenia, F., & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160-166.
Tara, F., Sari, B. P., Agustina, R. A., Maharani, T. A., & Hasanudin, C. (2023). Urgensi Menyimak Sosial di Kalangan Karang Taruna di Daerah Pedesaan. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(2), 29-40.
pendidikan uniga, 2010, 4.1: 54-59.
Wiranty, Wiendi. "Peningkatan Keterampilan Menyimak Komprehensif dan Kritis dengan Metode Resitasi." Edukasi: Jurnal Pendidikan 16.2 (2018): 146-154.
WIDYANINGRUM, Heny Kusuma. Penggunaan media audio untuk meningkatkan kemampuan menyimak dongeng anak pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 2016, 5.02.
Yasmin, Nabila Selviera, and Delfi Eliza. "Penerapan Metode Bercerita Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 4-5 Tahun." Jurnal Pendidikan Tambusai 5.3 (2021): 9547-9553.
Copyright (c) 2025 Siti Khumairah Adahu, Rapi Us. Djuko, Nunung Suryana Jamin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






